Note

Perusahaan yang Mau Masuk Bursa CPO Harus Penuhi Syarat Ini

· Views 47
Perusahaan yang Mau Masuk Bursa CPO Harus Penuhi Syarat Ini
Foto: ANTARA FOTO/SYIFA YULINNAS
Jakarta

Pemerintah lewat Kementerian Perdagangan (Kemendag) sudah resmi meluncurkan Bursa Crude Palm Oil (CPO). Dengan adanya bursa CPO ini, maka Indonesia diharapkan bisa memiliki harga acuan sendiri pada 2024. Bagaimana cara ikut dalam bursa CPO ini?

Untuk mendapatkan keuntungan dan manfaat dari Bursa CPO itu, industri kelapa sawit tentu harus memenuhi beberapa kewajiban. Salah satunya adalah memenuhi Standar Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Kewajiban sertifikasi ISPO diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 38 Tahun 2020. Bagi perusahaan perkebunan sawit Kewajiban ini sudah berlaku sejak 2011. Sedangkan bagi pemilik perkebunan kelapa sawit, kewajiban sertifikasi ISPO akan dimulai pada November 2025 mendatang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adanya Bursa CPO diharapkan akan memberikan manfaat bagi industri kelapa sawit. Beberapa manfaat itu antara lain terbentuknya price discovery yang jadi acuan bagi produsen dan petani kelapa sawit. Acuan harga yang terbentuk ini akan digunakan sebagai Harga Patokan Ekspor (HPE), yang biasa dikeluarkan Kemendag melalui Direktorat Perdagangan Luar Negeri.

Selain itu, harga acuan CPO ini juga bisa digunakan untuk membentuk harga tandan buah segar (TBS) sawit. Dalam hal ini, petani dan produsen sawit bisa menggunakan harga yang ada di bursa CPO Indonesia untuk menghitung terbentuknya harga TBS yang pada akhirnya akan menguntungkan mereka.

Sertifikasi ISPO ini dapat diperoleh dengan mengikuti sertifikasi yang dilakukan oleh lembaga terpercaya. Di Indonesia, salah satu lembaga yang dapat melakukan sertifikasi ISPO adalah MUTU International (MUTU). ISPO merupakan standar yang dikembangkan pemerintah untuk mendorong pengelolaan sawit yang berkelanjutan.



"MUTU sebagai salah satu lembaga dapat melakukan audit dan memberikan sertifikasi ISPO kepada perusahaan atau bidang usaha kelapa sawit yang telah memenuhi standar," kata Direktur Operasional MUTU, Irham Budiman Senin (16/10/2023).

Irham mengatakan, MUTU menyambut baik peluncuran Bursa CPO yang akan mulai efektif pada 23 Oktober 2023 tersebut. Menurutnya, adanya Bursa CPO merupakan peluang perusahaan maupun pekebun kelapa sawit untuk mendapatkan harga yang sesuai dan berkeadilan.

Menurutnya, sertifikasi ISPO merupakan langkah pertama untuk meraup keuntungan adanya Bursa CPO. Sertifikasi tersebut juga akan memberikan banyak manfaat baik untuk perusahaan perkebunan kelapa sawit maupun pemilik perkebunan kelapa sawit.

Manfaat pertama adalah soal penambahan nilai produk akhir perusahaan yang sudah mengantongi label prinsip dan kriteria ISPO. Kemudian, sertifikasi ISPO juga menjadi jaminan tertulis bahwa operasional dan tata kelola perusahaan sudah berjalan dengan baik dan efisien, termasuk tanggung jawab sosial dan ketenagakerjaan.

Selain itu, sertifikasi ISPO juga bermanfaat dalam pengelolaan lingkungan, sumber daya alam, dan keanekaragaman hayati. Potensi timbulnya pencemaran lingkungan akibat aktivitas bisnis bisa diminimalisir dengan adanya standar ISPO.

"Sehingga pemegang sertifikat ISPO akan dikenal sebagai perusahaan yang berhasil menerapkan konsep ramah lingkungan dan minim limbah. Kami di MUTU siap memberikan pelayanan terbaik kepada perusahaan perkebunan dan pekebun kelapa sawit," kata Irham.

"Dengan pengalaman 30 tahun sebagai lembaga sertifikasi, kami mempunyai auditor dan tenaga ahli yang akan mengawal proses penilaian kesesuaian dengan cermat dan tepat, hingga pelaku usaha perkebunan kelapa sawit bisa mendapatkan sertifikat ISPO," tambahnya.

(fdl/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.