Note

Ranch Market (RANC) Buka-bukaan Peluang Buka Gerai di IKN Nusantara

· Views 52
Ranch Market (RANC) Buka-bukaan Peluang Buka Gerai di IKN Nusantara
Ranch Market (RANC) Buka-bukaan Peluang Buka Gerai di IKN Nusantara

IDXChannel - Pengelola Ranch Market, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) mengungkapkan peluang membuka gerai di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Direktur Merchandising & Marketing RANC Maria Suwarni mengatakan, pembukaan gerai di IKN akan bergantung pada peluang pasar yang ada.

Baca Juga:
Ranch Market (RANC) Buka-bukaan Peluang Buka Gerai di IKN Nusantara Batal Ekspansi, Supra Boga (RANC) Fokus Reopening Dua Gerai Besar hingga Akhir 2023

“Kami akan buka di sana selama lokasinya cocok karena induk kami sendiri (Grup Djarum) punya sebaran lokasi yang luas,” kata Maria dalam konferensi pers di The Tribrata Jakarta pada Kamis (19/10/2023).

Rita mengatakan, jika nantinya Grup Djarum berencana membangun toko ritel di IKN, maka perseroan yang akan diminta untuk membuka cabang di sana. 

Baca Juga:
Ranch Market (RANC) Buka-bukaan Peluang Buka Gerai di IKN Nusantara Ranch Market Hadir di Lippo Mall Puri

“Kalau memang harus ada ritel store-nya, pasti kami yang akan diminta,” ujar Rita.

Sementara itu, menutup tahun ini, perseroan tidak berencana membuka gerai baru. Pembukaan gerai Ranch Market di Living World Alam Sutera pada Januari 2023 dan Farmers Market di Makassar pada April 2023 lalu menjadi dua gerai baru terakhir yang dibuka tahun ini.

Perseroan kini tengah fokus untuk membuka kembali atau reopening dua gerai besar milik perseroan, yakni Farmers Market di Mall Kelapa Gading dan Ranch Market di Grand Indonesia.

“Karena sisa tahun ini, kami fokus pada Farmers Market di Kelapa Gading yang kami rombak total. Untuk Ranch Market di Grand Indonesia nanti rencananya akan kami buka kembali pada 1 Desember 2023,” tuturnya.

Sebelumnya, perseroan menargetkan pembukaan tiga gerai baru di sepanjang 2023, yang berlokasi di Sulawesi dan Jakarta. 

Dalam hal ini, RANC menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp74 miliar untuk pembukaan gerai baru, renovasi gerai, dan keperluan head office.

“Jadi dua gerai tersebut akan kami buka kembali dengan tampilan baru. Untuk selanjutnya kami akan memaksimalkan potensi di dalam negeri,” ucap Maria.

Perihal kinerja, RANC mencatatkan kerugian sebesar Rp42,56 miliar hingga akhir Juni 2023 lalu. Angka itu susut dari periode yang sama tahun lalu yang rugi sebesar Rp51,04 miliar.

Adapun, pendapatan bersih perseroan turun 2,74 persen menjadi Rp1,45 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp1,49 triliun. Berdasarkan laporan keuangan, penjualan tercatat sebesar Rp1,43 triliun, sementara penjualan konsinyasi bersih tercatat sebesar Rp18,11 miliar.

Berdasarkan segmen geografisnya, pendapat di area Barat tercatat sebesar Rp1,26 triliun, dan pendapatan area Timur sebesar Rp199,58 miliar. Adapun, perseroan mencatatkan eliminasi sebesar Rp13,44 miliar.

Hingga akhir 2023, perseroan menargetkan pendapatan sebesar Rp3,2 triliun yang berasal dari toko eksisting. 

Untuk mengejar target ini, perseroan menggenjot pemasaran tak hanya melalui gerai offline, namun juga memanfaatkan pemasaran melalui ekosistem yang sudah terintegrasi dengan platform online Blibli. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.