Note

Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor?

· Views 44
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor?
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Emiten perminyakan dan gas diperkirakan akan manggung pada window dressing akhir 2023 ini seiring dengan mengetatnya pasokan dari Arab Saudi. 

Research Analyst Minna Padi Investama Sekuritas Geri Eka Putra menyebut, minyak brent berada pada posisi USD89 dan WTI berada pada USD86 pada 17 Oktober 2023.

Baca Juga:
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor? Intip Penyebab Saham MPXL Masuk Radar Pantauan BEI

“Saya pribadi cenderung akan memilih emiten yang berkaitan dengan perminyakan dan jasa industri service di sekitarnya” ucap Geri pada live Instagram idx_channel Kamis (19/10/2023).

Di penghujung 2023 ini, performa PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) mengalami minus sekitar 8,56%. Begitu juga dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) mengalami minus 21%, dan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mencapai minus hingga 24%.

Baca Juga:
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor? BBYB Siap Right Issue Lima Miliar Saham Baru

Naiknya suku bunga disebut menjadi penyebab ANTAM mengalami minus, terutama dari The Fed yang sudah naik sebanyak empat kali. 

Hal itu menambah ketakutan investor untuk menanamkan modal di Indonesia sehingga 2024 concern macroeconomic masih mengenai suku bunga. 

Baca Juga:
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor? Belum Puas, Tolaram Group Kembali Borong Saham Bank Amar (AMAR) Rp5,7 Miliar

Emiten dari sektor perbankan juga merupakan pilihan yang tepat jika ingin mengoleksi saham hingga awal 2024. Namun harus tetap memperhatikan kenaikan suku bunga dan mempelajari data Non Performing Loan (NPL) perbankan agar tidak mempengaruhi pergerakan harga saham.

“Sudah ada aturan pembatasan dividen oleh OJK, jadi bisa dipastikan para investor perbankan akan mendapatkan kepastian dividen karena sudah ada peraturan resmi dari OJK” ujar Geri Eka Putra, Research Analyst Minna Padi Investama Sekuritas.
 
Selain perbankan, terdapat 2 sektor lagi yang bisa dijadikan pilihan bagi para investor yakni perminyakan dan konstruksi.

Baca Juga:
Harga Minyak Diprediksi Kian Mendidih, Saham Manakah yang Tepat untuk Investor? Salip Paris, London Kembali Jadi Pasar Saham Terbesar di Eropa

(DES/ Reysha Hidayat)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.