BCA berkomitmen untuk senantiasa mendukung upaya penurunan emisi karbon di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan pembelian unit karbon 71.500 ton CO2 di Bursa Karbon Indonesia dalam upaya mendukung penurunan emisi karbon di Indonesia.

"BCA berkomitmen untuk senantiasa mendukung upaya penurunan emisi karbon di Indonesia. Pada hari peluncuran Bursa Karbon Indonesia, BCA melakukan pembelian unit karbon sebanyak 71.500 ton CO2," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Kamis.

Selain itu, BCA menyalurkan sustainability-linked loans senilai Rp319 miliar per September 2023, sebagai upaya untuk mendukung debitur dalam menjalankan praktik bisnis berkelanjutan.

"Kami bersyukur bahwa komitmen BCA dalam mengedepankan nilai-nilai environmental, social, and governance (ESG) mampu mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, salah satunya Wisma BCA Foresta yang mewakili Indonesia pada ajang Asean Energy Awards 2023 dan berhasil memperoleh juara satu untuk kategori Energy Efficient Building," ujar Jahja.

Sebelumnya, Bursa Karbon Indonesia atau IDXCarbon secara resmi diluncurkan di Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta pada 26 September 2023 oleh Presiden Joko Widodo.

Sebagai penyelenggara bursa karbon, Direktur Utama BEI Iman Rachman di Jakarta, Selasa (17/10/2023), mengatakan IDXCarbon menyediakan sistem perdagangan yang transparan, teratur, wajar, dan efisien sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perdagangan Karbon Melalui Bursa Karbon.

Selain memberikan transparansi pada harga, ia mengatakan perdagangan IDXCarbon juga memberikan mekanisme transaksi yang mudah dan sederhana, yang saat ini, terdapat empat mekanisme perdagangan IDXCarbon, di antaranya Auction, Regular Trading, Negotiated Trading, dan Marketplace.

Iman menjelaskan IDXCarbon terhubung dengan Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sehingga mempermudah administrasi perpindahan unit karbon dan menghindari double counting.

Pelaku usaha berbentuk perseroan yang memiliki kewajiban dan/atau memiliki komitmen untuk secara sukarela menurunkan emisi gas rumah kaca, dapat menjadi pengguna jasa IDXCarbon dan membeli unit karbon yang tersedia.

Baca juga: Debut bursa karbon, Bank Mandiri hingga BCA beli unit karbon PGE
Baca juga: BCA Digital kurangi emisi karbon dan beri edukasi keuangan nasabah
Baca juga: KESDM harap bonus penurunan emisi CO2 bisa dijual di pasar karbon

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023