Note

Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya

· Views 63
Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya
Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya

IDXChannel - PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB) siap melaksanakan penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (PMHMETD) alias rights issue sebanyak 5 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp100 per saham.

Saham hasil pelaksanaan rights issue yang ditawarkan seluruhnya merupakan saham yang dikeluarkan dari portepel perseroan dan akan dicatatkan di BEI.

Baca Juga:
Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya Buka Akses Permodalan bagi UMKM, Bank Neo Commerce (BBYB) Gandeng Luna POS

"Saham-saham tersebut memiliki hak yang sama dan sederajat dalam segala hal (termasuk hak atas dividen) dengan saham lain perseroan yang telah disetor penuh," tulis manajemen BBYB di keterbukaan informasi BEI, Rabu (18/10/2023).  

Adapun aksi korporasi ini telah mendapatkan restu dari pemegang saham pada 8 Agustus 2023. Rights issue akan efektif pada 24 November 2023. 

Baca Juga:
Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya Diam-Diam Gozco Capital Lepas 50 Juta Saham Bank Neo (BBYB)

Berikut jadwal lengkap rights issue Bank Neo:

- Tanggal pencatatan dalam Daftar Pemegang Saham yang berhak atas HMETD (recording date) 6 Desember 2023
- Tanggal terakhir perdagangan saham dengan HMETD di pasar reguler dan negosiasi 4 Desember 2023, sedangkan di pasar tunai 6 Desember 2023
- Tanggal mulai perdagangan saham tanpa HMETD di pasar reguler dan negosiasi 5 Desember 2023, sedangkan di pasar tunai 7 Desember 2023
- Tanggal distribusi HMETD 7 Desember 2023
- Tanggal pencatatan HMETD di BEI 8 Desember 2023
- Periode perdagangan HMETD 8-14 Desember 2023
- Periode penyerahan saham hasil pelaksanaan HMETD 12-18 Desember 2023
- Tanggal akhir pembayaran pemesanan saham tambahan 18 Desember 2023
- Tanggal penjatahan pemesanan saham tambahan 19 Desember 2023
- Tanggal penyerahan saham hasil pemesanan saham tambahan 20 Desember 2023
- Tanggal pengembalian kelebihan uang pemesanan saham tambahan 20 Desember 2023

Baca Juga:
Bank Neo (BBYB) Siap Rights Issue 5 Miliar Saham, Cek Jadwalnya Rugi Bank Neo (BBYB) Susut Jadi Rp326,7 Miliar di Semester I 2023

Sementara itu, pemegang saham biasa atas nama yang tidak melaksanakan haknya untuk membeli saham baru perseroan yang ditawarkan dalam rights issue yang dimilikinya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan saham secara proporsional (dilusi) sebanyak-banyaknya 29,34 persen.

Adapun pemegang saham pengendali perseroan, PT Akulaku Silvrr Indonesia dan Rockcore Financial Technology Co.Ltd akan melaksanakan seluruh HMETD yang dimilikinya untuk membeli saham baru yang diterbitkan dalam rangka PMHMETD VII.

Jika saham baru yang ditawarkan dalam aksi korporasi ini tidak seluruhnya diambil bagian atau dibeli oleh pemegang saham perseroan atau pemegang HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada pemegang HMETD lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional.

Dalam rights issue ini tidak terdapat pembeli siaga. Dengan demikian, jika setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa HMETD yang tidak dilaksanakan, maka terhadap seluruh HMETD yang tersisa tidak akan dikeluarkan saham dari portepel. 

Mengenai penggunaan dana hasil rights issue, perseroan mengalokasikan sebesar 40 persen untuk modal kerja mendukung ekspansi kredit Perseroan baik pada segmen pasar ritel maupun korporasi.

Sekitar 45 persen untuk kegiatan operasional perbankan, namun tidak terbatas pada rekrutmen dan pengembangan sumber daya manusia, promosi untuk memperoleh pengguna baru Neobank (mobile banking perseroan).

Sementara 15 persen untuk mendukung pengembangan teknologi informasi, namun tidak terbatas pada untuk pengembangan aplikasi digital banking.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.