Note

Capaian Transaksi TEI 2023 Diharapkan Lebih Tinggi Dari Tahun Sebelumnya

· Views 58

Pasardana.id - Kementerian Prrdagangan (Kemendag) diminta untuk meningkatkan capaian transaksi perdagangan dalam perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) 2023.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutan pembukaan TEI 2023 pada Rabu (18/10) mengatakan, selain secara hibrida, pelaksanaan TEI tahun ini sudah bebas dari pandemi dengan peserta lebih banyak dibanding tahun lalu.

"Tahun ini pesertanya lebih banyak 1.193 peserta. Diharapkan capaian transaksinya lebih tinggi dari tahun lalu yang mencapai 15,8 miliar dolar," ujar Airlangga.  

"Tahun lalu situasi masih setengah Covid. Tahun ini sudah merdeka dari Covid, maka dagang harus lebih lancar, harus lebih laris manis," sambungnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga mengapresiasi para pembeli dari luar negeri yang berpartisipasi dalam TEI 2023.

Apresiasi diberikan terutama pada negara-negara yang membukukan transaksi perdagangan terbesar pada TEI tahun lalu, seperti Thailand, China, Jepang, Mesir, dan Filipina. 

Dalam TEI tahun lalu, transaksi perdagangan dengan Tiongkok memenuhi target sebesar USD10,78 miliar.

Sedangkan transaksi perdagangan dengan India mencapai sebesar USD1,5 miliar dan Jepang USD843,96 juta.  

Sementara itu, transaksi perdagangan dengan Mesir mencapai USD92 juta dan Filipina USD343 juta. 

"Saya yakin TEI menjadi salah satu solusi untuk menghubungkan dunia usaha, eksportir, dan buyer, sehingga dapat meningkatkan potensi ekspor, serta investasi," ujar Airlangga.

Tak hanya memberikan dukungan terhadap gelaran TEI 2023, Menko Airlangga juga memberikan dukungan pada pelaksanaan Jakarta Muslim Fashion Week, sebagai bagian dari kegiatan TEI 2023.

Dia menilai, kegiatan tersebut juga merupakan upaya Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia. 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.