Note

HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay

· Views 58
HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay
HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay

IDXChannel - PT Harum Energy Tbk (HRUM) memberikan pendanaan   kepada entitas anak, PT Harum Nickle Perkasa (HNP) sebesar USD300 juta atau setara Rp4,7 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan proyek nikel PT Blue Sparking Energi (BSE). 

BSE yang menjalankan usaha di bidang pengolahan dan pemurnian nikel saat ini sedang mengembangkan suatu proyek high-pressure acid leaching di Indonesia Weda Bay Industrial Park, di Kabupaten Halmahera Tengah. 

Baca Juga:
HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay Harum Energy (HRUM) Beri Pinjaman Rp7,76 Triliun ke Blue Sparking Energy, untuk Apa?

Direktur Utama HRUM Ray A Gunara mengatakan, proyek tersebut dirancang untuk memproduksi nickle-cobalt hydroxide intermidiate product (Mixed Hydroxide Precipitate/MHP) dengan kapasitas terpasang tahunan sekitar 67 ribu ton atau 10 persen setara nikel dan sekitar 7.500 ton 10 persen kobalt. Proyek ini termasuk dengan fasilitas dan infrastruktur pendukungnya. 

"Adapun aliran dana atas transaksi dari perseroan kepada entitas anak perseroan untuk keperluan pengembangan dan pembangunan proyek tersebut didanai oleh perseroan dalam bentuk pinjaman kepada HNP. Selanjutnya HNP memberikan pendanaan kepada PT Tanito Harum Nickel (THN)," kata dia dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (18/10/2023). 

Baca Juga:
HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay Harum Energy (HRUM) Rogoh Rp272 Miliar untuk Tambah Kepemilikan di Entitas Nikel

Dia menuturkan, masing-masing pendanaan tersebut, baik saat disalurkan dari perseroan kepada HNP maupun dari HNP kepada THN didasarkan pada perjanjian antara pihak-pihak terkait.  

Ray menjelaskan, tujuan dari transaksi untuk membiayai investasi entitas anak dalam proyek yang dikembangkan BSE tersebut merupakan tindak lanjut dari fasilitas pinjaman yang diteken pada 29 September 2023.

Baca Juga:
HRUM Suntik Rp4,7 T ke Entitas Anak Kembangkan Proyek Nikel di Weda Bay Harum Energy (HRUM) Bentuk Perusahaan Patungan di Bidang Konsultasi Manajemen

Pada saat itu, THN memberikan fasilitas pinjaman kepada BSE sebesar USD500 juta atau setara Rp7,76 triliun. Tujuan dari pemberian fasilitas pinjaman untuk pembiayaan pengembangan atau pembangunan high pressure acid leaching (HPAL) di BSE, termasuk pembiayaan kembali utang saat ini dan untuk keperluan umum perusahaan.

"Pinjaman tersebut dapat dikembalikan oleh BSE setiap saat sebelum tanggal jatuh tempo atau, secara penuh pada tanggal jatuh tempo, 60 bulan sejak tanggal ditandatanganinya perjanjian pinjaman,” kata manajemen HRUM dalam keterbukaan informasi, dikutip Selasa (3/10/2023).

Pinjaman dapat dilunasi dengan cara tunai, atau atas kebijakan THN, dikonversikan menjadi saham dalam BSE dengan syarat-syarat yang akan disepakati bersama antara THN dan BSE.

Manajemen HRUM mengungkapkan, pemberian pinjaman merupakan suatu bentuk implementasi ekspansi usaha HRUM ke usaha pertambangan dan pengolahan nikel dalam rangka menciptakan pertumbuhan usaha yang berkelanjutan. 

BSE saat ini sedang dalam tahap konstruksi suatu proyek HPAL yang memerlukan pembiayaan untuk pengembangan dan konstruksi proyek tersebut.

"Transaksi ini diharapkan tidak hanya untuk memperluas diversifikasi produk nikel perseroan, tapi juga untuk memberikan peluang kepada perseroan untuk berpartisipasi di pasar bahan baku baterai,” ucap manajemen HRUM.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.