Note

30 UMKM Binaan Dipilih Pertamina Ikuti Gelaran TEI 2023

· Views 63

Pasardana.id - PT Pertamina (Persero) memilih sebanyak 30 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan untuk dibawa dalam gelaran pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2023 selama 18-22 Oktober 2023 di ICE-BSD Tangerang. 

VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan 30 UMKM terpilih ini telah lulus UMK Academy Pertamina kategori 'Go Online' dan 'Go Global'.

Djoko menambahkan, terpilihnya 30 UMKM ini tentunya mendapatkan manfaat yang besar dari pelatihan perdagangan ekspor ini.

“Hal ini tentunya membuat mereka sangat siap menghadapi pameran TEI 2023 yang merupakan kegiatan promosi yang bisa menjadi salah satu tolok ukur dalam melakukan riset pasar," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Sebelum terpilih, 30 UMKM ini mendapatkan pelathan yang menjadi langkah persiapan UMKM untuk mengikuti pameran TEI 2023. Menurut Djoko, 30 UMKM ini terkurasi dengan baik, sehingga memiliki kualitas, kapasitas, dan kontinuitas produk yang baik. 

"Para pelaku usaha juga dapat melakukan kontak langsung dengan buyer. Diperkirakan, pameran ini akan mendatangkan buyer-buyer asing dari 100 negara,” sambungnya.

Ada pun pelatihan ini merupakan kolaborasi antara PT Pertamina (Persero) dengan Kementerian Perdagangan, sebagai tindak lanjut dari kerja sama dalam mendukung UMKM yang siap ekspor.

“Kami membuat kurikulum khusus, padat, lengkap dan diharapkan dapat menjadi bekal bagi UMKM yang akan masuk ke pasar ekspor. Selama 3 hari pelatihan, peserta tidak hanya diberikan teori, tapi juga simulasi praktik proses ekspor produk mulai dari sisi dokumen, kepabeanan, prosedur pengiriman produk, hingga mengawal sampai transaksi masuk ke rekening bank eksportir," bebernya.

Djoko melanjutkan UMKM memiliki peluang ekspor yang sangat tinggi, mengingat potensi yang dimiliki juga sangat besar. Salah satu dukungannya dalam bentuk pelatihan perdagangan ekspor, agar para pelaku usaha memahami betul langkah-langkah dan juga prosedur ekspor. 

Diharapkan, UMKM dapat berkomunikasi dengan baik ketika berhadapan dengan buyer sehingga dapat tercapai kesepakatan.

Sebagai informasi, selama tahun 2023, Pertamina telah memberikan pembinaan berupa pelatihan Perdagangan Ekspor kepada 60 UMKM yang terbagi dalam dua batch.

Diketahui, bersamaan dengan pameran TEI 2023 juga menghadirkan serangkaian kegiatan paralel yang terdiri dari Seminar Internasional, Business Matching dan Business Counseling.

Keterlibatan UMKM binaan dalam berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri, merupakan salah satu dukungan Pertamina dalam pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals).

Khususnya di poin 8 terkait dengan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi, serta implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social and Governance) di seluruh wilayah operasional Pertamina.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.