Note

Produk Digital Tanah Air Disebut Miliki Daya Saing Internasional

· Views 63

Pasardana.id - Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Taufiek Bawazier mengatakan, pelaku industri digital di Indonesia terus tumbuh seiring dengan inisiatif digitalisasi di sektor industri 'Making Indonesia 4.0. 

Saat ini, kata dia, para pelaku industri sudah mampu membuat produk digital dan elektronik yang mampu bersaing di pasar global.

"Untuk itu, Kementerian Perindustrian memfasilitasi enam produsen industri digital dan elektronika ikut serta dalam pameran Hong Kong Electronics Fair 2023. Tujuannya, untuk mengenalkan kemampuan industri digital dan elektronika Indonesia, sekaligus memperluas akses pasar," kata Taufiek dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/10).

Dia menerangkan, bahwa dalam pameran tersebut, Indonesia akan memamerkan berbagai teknologi dan produk dari industri nasional.

Diantaranya; kabel fiber optik, alat kesehatan digital, robotic dan produk digital seperti Artificial Intelligent (AI) dan Database Center. 

Melalui pameran tersebut, Kemenperin juga ingin membuka peluang kerjasama dengan investor dari berbagai negara.

Untuk itu, dalam pameran tersebut Kemenperin juga melakukan promosi investasi.

"Kami menjelaskan kebijakan pemerintah di bidang investasi, seperti pemberian tax holiday, tax allowance, dan super tax deduction. Ini merupakan strategi untuk menarik minat investasi, penguasaan teknologi dan penguatan struktur industri," ujar Taufiek.

Ditegaskan Taufiek, Kemenperin akan memberikan dukungannya untuk memberikan insentif nonfiskal dengan cara membantu pelaku industri untuk ikut berpameran di luar negeri.

Dia yakin, pameran produk industri dan promosi investasi efektif untuk meningkatkan kapasitas industri dalam negeri.

"Sehingga tercipta keseimbangan, dan mampu menurunkan defisit neraca perdagangan. Utamanya, defisit neraca perdagangan dari sektor industri elektronika dan digital," tukas Taufiek.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.