Note

Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor

· Views 59
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) meminta restu pemegang saham untuk melakukan penambahan modal dengan skema rights issue.

Jumlah saham baru Seri D yang diterbitkan maksimal mencapai 234 miliar lembar saham biasa dengan nilai nominal Rp50 setiap saham.

Baca Juga:
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor Emiten Grup Sinarmas (DSSA) Cuan Rp2,4 Triliun dari Lego 30,5 Miliar Saham FREN

FREN akan minta persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB yang digelar pada 24 November 2023.

Saham Seri D memiliki klasifikasi yang sama dengan saham-saham biasa atas nama yang telah diterbitkan oleh Perseroan sebelumnya, dimana seluruh saham tersebut mempunyai hak dan kedudukan yang sama dan sederajat.

Baca Juga:
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor Ada Peran Sinarmas Sekuritas di Balik Transaksi Jumbo Saham FREN Rp1 Triliun

Sementara saham dengan nilai nominal lama yang telah diterbitkan oleh Perseroan, yaitu Saham Seri A, Seri B, dan Seri C yang berturut-turut memiliki nominal Rp2.000, Rp1.000, dan Rp100 setiap saham tidak dapat dikonversi menjadi Saham Seri D dengan nilai nominal baru (yakni, nilai nominal Rp50 (lima puluh) Rupiah setiap saham).

"Dana hasil PMHMETD V, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, untuk pelunasan pinjaman yang dimiliki oleh Perseroan dan/atau modal kerja Perseroan dan/atau entitas anak Perseroan," tulis manajemen FREN dalam prospektus di keterbukaan informasi BEI, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga:
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor Investor Misterius Borong Saham FREN Rp1 Triliun di Pasar Nego

Perseroan memperkirakan, rencana penambahan modal dengan memberikan HMETD akan memberikan pengaruh positif terhadap kondisi keuangan konsolidasi Perseroan dan entitas anak. 

Dana tersebut digunakan untuk melakukan pembayaran pinjaman Perseroan, maka rasio pinjaman terhadap ekuitas akan menurun dimana selanjutnya hal tersebut dapat memperbaiki struktur permodalan Perseroan.

Baca Juga:
Rights Issue 234 Miliar Saham, Smartfren (FREN) Minta Restu Investor Sinyal Merger Makin Kuat, Saham FREN Cocok untuk Speculative Buy?

Apabila dana hasil HMETD digunakan untuk belanja modal Perseroan, maka aset produktif Perseroan akan meningkat dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan Perseroan untuk melaksanakan pengembangan kegiatan usahanya secara berkelanjutan.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.