Note

Ulasan pasangan EUR/USD. 17 Oktober. Christine Lagarde tidak mendukung euro, tetapi koreksi teknikal mungkin akan berlanjut

· Views 56

Ulasan pasangan EUR/USD. 17 Oktober. Christine Lagarde tidak mendukung euro, tetapi koreksi teknikal mungkin akan berlanjut

Pasangan mata uang EUR/USD pulih ke garis moving average pada hari Senin dan sekarang pertanyaan utamanya adalah apakah pasangan mata uang ini akan menembusnya sekali lagi yang akan membuka jalan bagi koreksi lebih lanjut untuk euro? Kami telah berkali-kali menyebutkan bahwa kami menganjurkan kelanjutan koreksi karena kami percaya bahwa pergerakan sebesar 180 poin tidak cukup untuk dianggap sebagai koreksi yang selesai. Namun, harus dipahami bahwa pasar terdiri dari sejumlah besar peserta dan pendapat kolektif atau rata-rata tertimbang mereka mungkin berbeda dengan pendapat kami. Saat ini, dalam kerangka waktu 4 jam, terdapat kemungkinan yang lebih tinggi untuk melanjutkan tren penurunan jangka pendek. Namun, pada saat yang sama, dua kali pantulan dari level Murray "6/8" pada level 1,0498 menunjukkan kecenderungan pasar terhadap koreksi.

Pada hari Senin, tidak ada data penting yang tersedia bagi para trader. Tidak ada laporan makroekonomi yang signifikan yang diterbitkan dan tidak ada peristiwa besar yang terjadi. Seperti biasa, beberapa perwakilan Federal Reserve dan Bank Sentral Eropa berbicara, tetapi mereka tidak membuat kejutan atau membuat pasar senang. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, pada saat ini, komentar dan pernyataan bank sentral tidak signifikan bagi pasar karena situasi dengan tingkat suku bunga dan program ketat sudah jelas sebesar 95%. Apa hal baru yang dapat Draghi, Lagarde, Bostic, atau Powell katakan? Baik Fed maupun ECB tidak siap untuk melanjutkan pengetatan agresif; inflasi sedang turun perlahan, dan tidak ada katalis ekonomi baru. Oleh karena itu, latar belakang fundamental saat ini netral.

Bagi euro dan pound, hal ini berarti bahwa tidak ada alasan baru untuk pertumbuhan. Kedua mata uang Eropa tersebut naik cukup lama, tetapi kemudian muncul pertanyaan: mengapa mereka naik? Dan saat ini pasar sibuk "memulihkan keadilan." Oleh karena itu, baik euro maupun pound mungkin akan terus mengalami penurunan dengan tenang selama beberapa bulan ke depan.

Christine Lagarde mengakui keberadaan kekhawatiran inflasi, tetapi tetap ragu untuk mengimplementasikan tindakan yang segera. Meskipun pidato Christine Lagarde selalu menarik perhatian, pidatonya yang terbaru di Maroko tidak menawarkan pengumuman substansial apa pun. Meskipun dia menyoroti inflasi inti yang tinggi dan pertumbuhan gaji yang cepat, faktor-faktor yang berkontribusi pada peningkatan inflasi, dia enggan merinci langkah-langkah tambahan untuk memperketat kebijakan moneter. Pada dasarnya, pidatonya menyampaikan pesan bahwa mereka mengakui adanya masalah, tetapi saat ini tidak dapat mengatasinya.

Sepanjang tahun 2023, kami secara konsisten menekankan bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) menghadapi tantangan dalam menyesuaikan tingkat suku bunga kunci Federal Reserve atau Bank of England. Uni Eropa terdiri dari 27 negara anggota, setiap negara anggota dengan kepentingan unik yang harus dipertimbangkan. Mengimplementasikan tingkat suku bunga yang terlalu tinggi dapat berpotensi untuk merugikan ekonomi dengan fondasi yang lebih lemah. Oleh karena itu, ECB tidak dapat dengan mudah menaikkan suku bunga ke kisaran 5,5-6,0%.

Sebagai hasilnya, tindakan paling memungkinkan bagi ECB adalah mempertahankan tingkat suku bunga pada tingkat tertinggi yang memungkinkan untuk jangka waktu yang lama, strategi yang akan menjadi fokus ECB dalam satu, dua, atau tiga tahun mendatang. Namun, hal ini tidak memberikan alasan kuat bagi euro untuk menguat, terutama mengingat Federal Reserve mungkin akan meningkatkan suku bunganya menjadi 5,75% dalam tahun ini. Mungkin saja, ketika inflasi AS akhirnya turun di bawah 3%, pembicaraan tentang pelonggaran kebijakan moneter mungkin akan muncul. Pada saat itu, dolar AS dapat menghadapi tekanan pasar karena menurunkan suku bunga biasanya memiliki dampak "bearish" pada mata uang. Namun, untuk saat ini, pembicaraan tersebut tidak ada dan situasi saat ini berjalan seperti yang diperkirakan. Kami tetap percaya bahwa euro mungkin akan melemah ke level 1,02 menjelang akhir tahun.

Oleh karena itu, pertanyaan utama untuk hari ini adalah apakah garis moving average akan tertembus? Jawaban atas pertanyaan ini akan menentukan pergerakan pasangan mata uang ini pada pekan ini. Entah koreksi akan berlanjut (yang akan masuk akal) atau tren penurunan akan berlanjut (yang juga akan masuk akal).

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Ulasan pasangan EUR/USD. 17 Oktober. Christine Lagarde tidak mendukung euro, tetapi koreksi teknikal mungkin akan berlanjut

Rata-rata volatilitas pasangan mata uang EUR/USD selama 5 hari trading terakhir hingga 17 Oktober adalah 70 poin dan dianggap "rata-rata." Oleh karena itu, kami mengharapkan pergerakan antara level 1,0480 dan 1,0620 pada hari Selasa. Pembalikan indikator Heiken Ashi ke bawah akan menunjukkan kemungkinan dilanjutkannya tren turun.

Level support terdekat:

S1 – 1,0498

S2 – 1,0376

S3 – 1,0254

Level resistance terdekat:

R1 – 1,0620

R2 – 1,0742

R3 – 1,0864

Rekomendasi trading:

Pasangan EUR/USD telah kembali di bawah moving average. Oleh karena itu, posisi jual dapat dipertimbangkan dengan target di level 1,0438 dan 1,0376 jika harga memantul dari garis moving average. Posisi beli dapat dipertimbangkan jika harga stabil di atas moving average dengan target di level 1,0620 dan 1,0742, tetapi kami masih tidak mengharapkan kenaikan euro yang kuat; pada dasarnya, itu akan menjadi koreksi.

Penjelasan ilustrasi:

Channel regresi linier - membantu menentukan trend saat ini. Jika kedua channel bergerak ke arah yang sama, trend-nya kuat.

Moving Average (memperhalus periode 20) - menentukan trend jangka pendek dan trend saat ini.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Level volatilitas (garis merah) - mencerminkan kemungkinan channel harga di mana pasangan mata uang ini dapat bergerak di keesokan harinya berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - titik masuk ke area oversold (di bawah 250) atau area overbought (di atas 250) yang mengindikasikan pembalikan trend kemungkinan akan terjadi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.