Note

Pertama di Asia Tenggara, DCI Indonesia (DCII) Raih TCOS dari Uptime Institute

· Views 68
Pertama di Asia Tenggara, DCI Indonesia (DCII) Raih TCOS dari Uptime Institute
Pertama di Asia Tenggara, DCI Indonesia (DCII) Raih TCOS dari Uptime Institute (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT DCI Indonesia Tbk (DCII) resmi mendapatkan penghargaan Tier IV Gold Certification of Operational Sustainability (TCOS) oleh Uptime Institute.

Sebagai informasi, Uptime Institute sendiri merupakan Otoritas Infrastruktur Digital Global yang berfokus pada penilaian dan peningkatan keandalan, ketahanan, dan keberlanjutan pusat data dan infrastruktur penting.

Capaian ini menjadi tonggak sejarah baru bagi DCII sebagai perusahaan penyedia infrastruktur data center terkemuka di Indonesia, dengan menjadi operator data center pertama di Asia Tenggara yang sukses meraih penghargaan tersebut.

Dengan diraihnya Sertifikasi Tier IV Gold TCOS ini, semakin melengkapi serangkaian tolok ukur global teratas yang dimiliki DCII bersama dengan Tier IV Certification of Design Documents dan Tier IV Certification of Constructed Facilities.

Dibangun berdasarkan desain bersertifikat Tier IV, yang merupakan desain tertinggi untuk pusat data, DCII menegaskan kualitas konstruksi, infrastruktur, dan fasilitasnya melalui demonstrasi langsung dalam berbagai kondisi dunia nyata.

Dengan membuktikan bahwa pusat datanya dibangun sesuai dengan Desain Tier IV, DCII memperoleh penghargaan Sertifikasi Fasilitas yang Dibangun Tier IV.

Dikombinasikan dengan otomatisasi dan keunggulan operasional, DCII secara konsisten mempertahankan ketersediaan uptime 100 persen sejak didirikan pada 2013 lalu.

Uptime Institute's Tier Certification of Operational Sustainability (TCOS) dari Uptime Institute dikenal dengan evaluasi ketatnya terhadap operasi pusat data, perilaku yang diprioritaskan, dan penilaian risiko, yang memastikan kinerja yang efektif dan efisien. 
Perolehan Tier IV Gold TCOS membuktikan bahwa fasilitas pusat data Tier IV yang dirancang dan dibangun DCI juga memiliki standar tertinggi dalam manajemen, pengoperasian, dan pemeliharaan pusat data.

"DCII telah menunjukkan perencanaan proaktif, mitigasi risiko, dan keunggulan operasional yang memungkinkan produksi tanpa henti dan keandalan di berbagai kondisi operasi," ujar Chief Executive Officer (CEO) DCII, Toto Sugiri, dalam keterangan resminya, Selasa (17/10/2023). 

Namun, menurut Toto, kekhasan DCII lebih dari sekadar pencapaian tersebut. Selain itu, DCII telah mempelopori integrasi automation dan predictive maintenance ke dalam operasinya, sehingga semakin meningkatkan keandalan dan efisiensi pusat datanya.

"Salah satu cara DCII melakukan hal ini adalah melalui ribuan sensor IoT yang dipasang pada peralatan dan infrastruktur DCI," tutur Toto.

Bagi klien DCI, menurut Toto, keberadaan Tier IV Gold TCOS Certification dapat menjamin keandalan, layanan kelas dunia, dan kepercayaan mereka. Kerangka kerja dan implementasi manajemen & operasi yang sejalan dengan standar industri tertinggi, sehingga menghasilkan pengurangan insiden dan kinerja SLA yang konsisten.

Tim operasi, fasilitas, implementasi, dan layanan pelanggan yang kuat siap membantu mereka. Klien dapat meningkatkan skala operasi mereka dengan keyakinan bahwa akan ada operasi yang konsisten di seluruh pusat data Platform DCI.

Perjalanan DCII menuju kesuksesan melibatkan dedikasi dan komitmen terhadap keunggulan baik dalam desain fasilitas maupun keunggulan operasional.

"Meski fasilitas tersebut menyumbang 20 persen dari fondasi kami, namun kekuatan pendorong sebenarnya di balik kesuksesan kami terletak pada 80 persen sisanya, yang didedikasikan untuk operasi kami," ungkap Toto.

Fasilitas yang canggih diakui Toto menyediakan infrastruktur yang kokoh, namun sinergi dari tim operasi yang sangat ahli dan mudah beradaptasilah yang menjadi kekuatan pendorong kesuksesan DCII selama ini.

"Selain itu, operasi DCII didukung oleh otomatisasi dan pemeliharaan prediktif, yang membedakan kami dari industri lainnya," papar Toto.

Sebagai perusahaan pertama di Asia Tenggara yang meraih Sertifikasi TCOS Emas Tier IV, DCII bangga mewakili Indonesia sebagai salah satu pemimpin regional dalam industri pusat data, yang menetapkan tolok ukur baru untuk keunggulan operasional dan keberlanjutan.

Mirip dengan sertifikasi Tingkat DCI lainnya, Sertifikasi TCOS ini diberikan kepada JK5 Data Center Hall 5A DCI, namun SOP, proses, dan standar berlaku secara seragam di seluruh pusat data Platform DCI (yaitu kampus H1, H2, E1).

"Kami dengan senang hati menganugerahkan DCI Indonesia Tier IV Gold TCOS Certification, operator pusat data pertama di Asia Tenggara yang meraih pengakuan ini," ujar Senior Vice President, IMEA & SAPAC Regions untuk Uptime Institute, Mustapha Louni, dalam kesempatan yang sama. 

Manajemen operasi, kerangka kerja, dan eksekusi DCII yang khas serta fasilitas Tier IV yang dimiliki, disebut Mustapha, telah menetapkan tolok ukur baru di kawasan Asia Tenggara.

"Pencapaian DCI Indonesia menunjukkan dedikasi mereka dalam memastikan pengoperasian pusat data yang berkesinambungan dan andal, memberikan landasan yang kuat bagi kebutuhan bisnis penting klien mereka," tutur Mustapha.

Pengakuan Uptime Institute atas pencapaian DCII menegaskan dedikasi perusahaan terhadap praktik terbaik dan melampaui standar industri bagi mitra dan kliennya.

"Penghargaan Tier IV Gold TCOS Certification menandai pencapaian signifikan bagi DCI Indonesia dan mengukuhkan posisi mereka sebagai penyedia solusi pusat data terkemuka di Indonesia dan kawasan," tegas Toto. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.