Note

Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi

· Views 34
Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi
Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks sektor teknologi (IDXTECHNO) menjadi satu-satunya sektor yang tertekan paling dalam sepanjang minggu lalu.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), yang diakses pada Selasa (17/10/2023), pada pekan sebelumnya, IDXTECHNO minus paling dalam 5,74 persen. Di urutan ke dua, indek sektor kesehatan atau IDXHEALTH tertekan 3,4 persen.

Baca Juga:
Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi GOTO Masih Memimpin Net Sell, Turnover Rp1,2 Triliun

Saham sektor infrastruktur (IDXINFRA) memimpin sektoral dengan kenaikan 18,32 persen.

Penurunan IDXTECHNO juga terjadi pada perdagangan hari ini Selasa (17/10) terjadi seiring sejumlah saham yang turun tajam.

Baca Juga:
Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi GOTO Tembus Rp54 per Saham, Siap Tidur di Gocap?

Saham GOTO pada hari ini masih melanjutkan penurunan setelah pada perdagangan kemarin sempat mengalami kenaikan. Per pukul 13.34 WIB, GOTO masih anjlok 1,52 persen di level Rp65 per lembar saham. (Lihat grafik di bawah ini.)

Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi

Baca Juga:
Panic Selling GOTO Jadi Beban Sektor Teknologi Pendiri Tokopedia Jual Saham GOTO, Netizen Ramai Bergunjing

Dalam sepekan terakhir, saham GOTO anjlok 20,73 persen. Dengan ini, saham GOTO sudah memerah selama sepekan beruntun.

Harga saham GOTO terus menembus level terendah sepanjang masa (all time low/ATL) pada lanjutan perdagangan sesi I, Senin (16/10).

Pada Senin, BEI mencatat sekitar pukul 10.10 WIB, saham GOTO anjlok 19,4 persen secara harian ke Rp54 per saham, mendekati level gocap alias Rp50 per saham. Nilai transaksi mencapai Rp524,99 miliar dan volume perdagangan 8,70 miliar saham.

Ini merupakan level ATL anyar usai pada Jumat (13/10) pekan lalu, harga saham GOTO ditutup terjun 8,22 persen secara harian ke posisi Rp67 per saham, setelah sempat menembus Rp66 per saham pada perdagangan intraday.

Level tersebut lebih rendah dibandingkan posisi pada intraday Kamis (12/10), ketika GOTO menembus Rp71 per saham.

Selain GOTO, sejumlah pemain utama sektor tekno seperti PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) menguat 1,96 persen memasuki sesi II perdagangan hari ini. Dalam sepekan, saham BUKA juga tertekan 1,89 persen dan secara year to date (ytd), saham BUKA sudah tertekan 20,61 persen.

Ada juga PT Global Digital Niaga Tbk (BELI) bergerak sideways pada sesi yang sama. Saham emiten yang disokong oleh grup Djarum ini secara ytd tertekan 3,83 persen.

Adapun GOTO sepekan terakhir juga masuk ke jajaran top losers sepekan terakhir.

Sejumlah saham tekno lainnya seperti PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk (DIVA) tertekan 4,64 persen pada perdagangan hari ini pukul 13.50 WIB. Saham emiten milik keluarga Sariajmaja, Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) turun 1,64 persen di level Rp600 per lembar saham.

Saham PT WIR Asia Tbk (WIRG) menguat 1,74 persen sementara dalam sepekan terakhir tertekan 9,3 persen. WIRG merupakan emiten yang ikut dimiliki oleh Grup Salim.

Tekanan Jual GOTO Tinggi

Penurunan tajam saham GOTO sejak penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) pada April 2022 membuat kapitalisasi pasar (market cap) anjlok.

Saat listing pada 11 April 2022 di harga penawaran Rp338 per saham, market cap GOTO mencapai Rp400,32 triliun.

Sementara, di harga Rp65 per saham pada hari ini, market cap GOTO mencapai Rp78,09.

Tekanan jual yang cukup tajam mendorong bos sekaligus pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya ikut melakukan penjualan saham Seri A miliknya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.