Note

OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI

· Views 51
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) 2023 sukses menyelenggarakan pertemuan tingkat tinggi dan konferensi internasional. Sepuluh regulator sepakat untuk mengimplementasikan capaian ACMF dalam pasar modal masing-masing negara.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku perwakilan sekaligus pemegang keketuaan tahun 2023 menyatakan bakal mengimplementasikan hasil forum yang ke-39 tersebut.

Baca Juga:
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI Live Report ASEAN Capital Markets Forum (ACMF) 2023

"Setelah hasil tadi dirumuskan dengan baik adalah bagaimana kita menurunkannya ke dalam rumusan, dalam formula yang dapat diterapkan di tingkat nasional," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar dalam konferensi pers di Bali, Selasa (17/10/2023).

Salah satu turunan yang akan diaplikasikan ke pasar domestik, terang Mahendra, diwujudkan melalui Taksonomi pembangunan berkelanjutan. Langkah ini akan merevisi taksonomi hijau sebelumnya.

Baca Juga:
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI ACMF Sukses Luncurkan Empat Capaian Pasar Modal Berkelanjutan, Apa Saja?

"Ini juga diperlukan untuk menyesuaikan dengan keputusan di tingkat Asia Tenggara dalam ASEAN Taxonomy on Sustainable Development. Ini sedang dijalankan," terang Mahendra.

Taksonomi hijau merupakan klasifikasi aktivitas ekonomi yang mendukung upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta mitigasi dan adaptasi perubahan iklim. 

Baca Juga:
OJK Siap Implementasikan Kesepakatan ACMF 2023 di Pasar Modal RI OJK: Forum ACMF Bakal Eksplorasi Pengembangan Bursa Karbon Sukarela di ASEAN

Ini bersifat fleksibel, dinamis, dan berdasarkan pada pengalaman industri dan ilmu pengetahuan masing-masing. Taksonomi hijau dapat membantu mengarahkan investasi ke sektor-sektor yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Mahendra mengharapkan adanya kemajuan pasar modal di tanah air terutama menyangkut aspek keberlanjutan bagi perusahaan tercatat.

Indonesia -yang merupakan negara dengan PDB tertinggi se-ASEAN- dinilai memiliki peran aktif dalam memimpin gagasan, terobosan, serta rumusan pembangunan berkelanjutan. Salah satunya berkaitan terkait transisi energi.

"Ini poin sangat penting yang mau saya sampaikan, bahwa perubahan besar dalam konteks pembangunan berkelanjutan, komitmen kuat dunia mencegah perubahan iklim telah direspons sangat tepat, Di situlah kepemimpinan Indonesia tahun 2023 terefleksikan kuat di pasar ASEAN," tegas Mahendra.

Sebagai catatan bahwa dalam forum ACMF terdapat 4 capaian. Pertama adalah penerbitan ASEAN Transition Finance Guidance, merevisi ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS), peningkatan  pelaporan sustainability disclosure yang berkolaborasi dengan International Sustainability Standards Board (ISSB), dan penerbitan Handbook ASEAN Collective Investment Scheme - Sustainable and Responsible Fund (CIS-SRF) for Green Lane.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.