Note

Bantuan Pangan dan Pasar Murah Demi Jaga Stabilitas Harga Beras di Masyarakat

· Views 70

Pasardana.id - Pemerintah terus berupaya menjaga harga beras agar tetap stabil di pasaran. Beberapa upaya terus dilakukan mulai dari memberikan bantuan pangan beras hingga memasok pasar dengan beras murah Bulog.

"Ini tugas yang diberikan Pak Presiden kepada Bapanas bersama Bulog. Jadi tidak boleh main-main," kata Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, pada peluncuran Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak di Jakarta, Senin (16/10).

Diterangkan Arief, total beras yang disalurkan selama periode September-November dalam bantuan pangan mencapai 640 ribu ton. Bantuan tersebut diberikan pada 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan alokasi setiap bulannya 10 kg.

Kemudian, Bapanas juga telah menyalurkan beras murah Bulog atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) ke pasar tradisional dan ritel modern. Termasuk ke Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) hingga 8-10 ribu ton, mengingat pasar ini merupakan acuan bagi Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan sebanyak 200 ribu ton beras komersial melalui penggilingan-penggilingan padi yang ada di seluruh Indonesia. Arief pun mengaku telah menggandeng Satgas Pangan Polri dalam mengawal penyaluran beras-beras ini agar tidak disalahgunakan.

"Dikawal Satgas Pangan, tidak boleh ada satu butir pun yang disalahgunakan. Saya sudah minta teman-teman dari Satgas Pangan tentunya untuk kawal ini sampai ke tangan konsumen," tandasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.