Note

Jokowi Berterima Kasih, Investasi China Turut Andil Dalam Pembangunan di RI

· Views 61

Pasardana.id - Presiden Joko Widodo Jokowi) berterima kasih kepada para pengusaha China karena sudah berinvestasi serta atas kontribusinya dalam pembangunan di Indonesia.

Kata Jokowi, tahun 2013, China masih di urutan 12 kontributor foreign direct investment (FDI) di Indonesia, tapi di tahun 2022, sudah menjadi urutan yang kedua.

Presiden menganalogikan cara berinvestasi para pengusaha China ke Indonesia seperti Bruce Lee dengan gerakan bela diri wing chun-nya.

Dia meyakini, investasi China di Indonesia akan terus meningkat dan menjadi kontributor FDI teratas dalam 1-2 tahun ke depan.

"Saya yakin, jika terus konsisten seperti ini, saya yakin dalam setahun dua tahun ke depan, saya yakin RRT bisa menjadi peringkat yang pertama dan sebagai kontributor FDI di Indonesia dan itu yang saya tunggu-tunggu," katanya, saat Forum Bisnis Indonesia-Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di China World Hotel, Beijing, (16/10).

Keyakinan Jokowi ini menyusul fokus pemerintah Indonesia melakukan hilirisasi industri terhadap berbagai komoditas seperti nikel, tembaga, timah, dan minerba lainnya.

Indonesia juga tengah fokus membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia.

Tak hanya itu, potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat besar hingga mencapai 3.600 gigawatt.

Jokowi merinci, beberapa di antaranya, yaitu 3.200 gigawatt dari tenaga surya dan terdapat 4.400 sungai untuk energi hidro.

"Ini butuh alih teknologi tinggi serta investasi, apalagi jika dipadukan dengan penggunaan sumber energi hijau yang sangat melimpah di Indonesia untuk menghasilkan produk-produk hijau, untuk menciptakan ekosistem ekonomi hijau," timpalnya.

Dipenghujung sambutannya, Mantan Wali Kota Solo ini kembali meyakinkan para investor bahwa investasi di Indonesia itu adalah pilihan yang tepat karena mudah dan aman, termasuk selama tahun politik dan Pemilu berlangsung.

Untuk itu, Jokowi mengajak para investor untuk menanamkan investasinya di Indonesia karena sejumlah indikator ekonomi menunjukkan capaian positif, seperti pertumbuhan ekonomi yang konsisten di atas 5 persen, neraca dagang yang surplus 41 bulan berturut-turut, Purchasing Manager Index (PMI) berada di level ekspansi selama 25 bulan berturut-turut, dan bonus demografi.

"Insentif-insentif juga sudah kami persiapkan, dan tentu saja stabilitas sosial politik yang selalu terjaga. Jadi juga jangan sampai ada yang khawatir mengenai Pemilu 2024 yang akan datang, karena Indonesia juga sudah berpengalaman melakukan pemilihan umum secara langsung selama lima kali. So, you don’t need to worry, you just need to hurry. Ini adalah peluang investasi yang tidak hanya menguntungkan Indonesia tetapi juga RRT, karena bagi Indonesia, kerja sama itu harus saling menguntungkan, harus sama-sama cuan," bebernya.

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.