Note

IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO

· Views 42
IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO
IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (17/10/2023) berpotensi bergerak mixed cenderung melemah pada sepanjang perdagangan. Adapun pergerakan indeks saham diproyeksi berada di kisaran 6.823 – 7.000.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya, setelah 'terbentur' resistance, IHSG melanjutkan pelemahannya.

Baca Juga:
IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO Mitsui Akuisisi 22 Persen Saham Anak Usaha Sekar Laut (SKLT)

"Tidak main-main, pasar seolah diajak untuk panic selling dengan terjadinya pelemahan pada saham GOTO hingga harga 54. Nyaris menjadi saham gocap, saham-saham lain ikut berguguran," tulis William dalam analisisnya, Selasa (17/10/2023).

Menurut William, teringat kejadian ini biasanya berhubungan dengan margin call para investor di mana mereka memilih melepas saham lain agar ada dana tersedia.

Baca Juga:
IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO IHSG Diproyeksi Sideways usai Terkoreksi, Cermati Tujuh Saham Potensi Cuan

"Walaupun belum ada kepastian, namun ada kemungkinan hal ini terjadi pada IHSG dan pelemahan serentak saham-saham lainnya pada perdagangan kemarin," kata dia.

Jadi, apakah IHSG masih aman? Menurut William masih, apalagi jika hanya masalah kepanikan yang sudah pasti hanya sesaat. William tidak membahas saham GOTO sebagai beban IHSG atau lainnya.

Baca Juga:
IHSG Hari Ini Masih Rawan Terkoreksi, Cermati CHIP hingga SILO IHSG Berpeluang Menguat dalam Jangka Pendek, Saham Ini Bisa Jadi Pilihan

"Kami terfokus pada pergerakan IHSG yang melemah namun saham-saham perbankan malah terlihat menarik. Jadi kondisi ini bisa dimanfaatkan untuk buy on weakness," jelas William.

Untuk faktor teknikal, Bearish divergence semakin terlihat pada indikator MACD. Terjadi panic selling namun tidak besar bersamaan dengan pelemahan saham GOTO.

"Namun mengecualikan bobot saham GOTO maupun aksi panic selling kemarin, kami memperhatikan bahwa peluang melemah IHSG masih besar," katanya.

Pelemahan ini pun, masih belum melepaskan IHSG dari tren sideways yang terbentuk sejak awal tahun. Untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar 30.48 poin (0.44%) menuju 6896,29 pada perdagangan Senin, 16 Oktober 2023.

Sebanyak 183 saham menguat, 376 saham menurun, dan 204 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 10.467T (all market).

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.