Note

Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya

· Views 51
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Restrukturisasi keuangan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) meraih persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB). 

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito mengatakan, restrukturisasi diambil di tengah tantangan keuangan dan menjadi strategis untuk membenahi bisnis perusahaan. 

Baca Juga:
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya Kontrak Baru WIKA Tumbuh 10,7% Yoy Per Agustus 2023

“Restrukturisasi ini diambil di tengah tantangan tinggi kondisi keuangan perseroan, dan menjadi langkah strategis untuk memperkuat langkah perseroan dalam menjalankan bisnis secara berkelanjutan,” ujar Agung dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (16/10/2023).

Agung menjelaskan, metode restrukturisasi akan ditempuh melalui delapan stream, diantaranya restrukturisasi keuangan, perbaikan tata kelola dan manajemen risiko, serta percepatan likuidasi piutang.

Baca Juga:
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya WIKA Beton (WTON) Kantongi Kontrak Baru Rp4,67 Triliun hingga Agustus 2023

Kemudian, asset recycling sesuai model bisnis, refocusing portofolio order book, efisiensi operating expense, penurunan saldo supply chain financing, serta penguatan struktur permodalan.

Lanjutnya, metode restrukturisasi tersebut kemudian dideskripsikan ke dalam prinsip transformasi yang terdiri dari tiga pilar, diantaranya fokus terhadap kas, keunggulan eksekusi proyek dan penyeimbang portofolio yang berlandaskan pada pendekatan lean organization, serta manajemen risiko dan digitalisasi.

Baca Juga:
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya Dapat PMN Rp6 Triliun, Kemenkeu Yakin WIKA Dorong Pemerataan Ekonomi

"Komitmen terhadap transformasi sudah dapat dilihat dari implementasi Enterprise Resources Planning (ERP) berbasis platform SAP, pemilihan proyek yang selektif dan difokuskan pada proyek dengan skema pembayaran rutin, serta penerapan four eyes principle pada penerapan manajemen risiko untuk pengendalian dan pengelolaan proyek serta pembentukan unit Special Asset Management," katanya. 

Lebih lanjut, Agung menyampaikan persetujuan dari pemegang saham mencerminkan kesamaan pandangan dan dukungan terhadap langkah transformasi perseroan untuk dapat kembali pulih, bertumbuh secara berkelanjutan, dan melanjutkan kiprahnya sebagai agen pembangunan Indonesia yang dampaknya terus dirasakan oleh masyarakat.

Baca Juga:
Pemegang Saham Restui Restrukturisasi WIKA, Begini Strategi Penyehatannya Wijaya Karya (WIKA) Tunda Jadwal RUPSLB Jadi Pekan Depan

"Perseroan berkomitmen untuk merealisasikan langkah-langkah transformasi tersebut, sehingga kepercayaan yang diberikan oleh publik dapat kami jawab dengan baik," beber dia.

Sementara itu, Head of Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Roger MM mengatakan, saat ini restrukturisasi merupakan salah satu langkah yang tepat untuk mengatasi masalah keuangan emiten (perusahaan).

“Ke depan dan mungkin akan memakan waktu yang cukup panjang, hal ini tentu bisa memperbaiki kinerja emiten,” jelas Roger.

Terkait dengan rekomendasi saham WIKA, Roger menyebut untuk saat ini Perseroan memang masih concern melakukan perbaikan keuangan.

Seiring dengan membaiknya keuangan perseroan ke depan, ditambah sentimen fundamental di sektor konstruksi akan menjadi trigger untuk pergerakan saham WIKA.

“Namun, seiring membaiknya keuangan perusahaan ke depan dan sentimen sentimen fundamental di sektor konstruksi akan menjadi trigger buat pergerakan saham emiten,” ungkapnya.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.