Note

Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang?

· Views 64
Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang?
Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Fitch Ratings menurunkan Peringkat Jangka Panjang Issuer Default Rating (IDR) produsen garmen PT Pan Brothers Tbk (PBRX) dari CCC menjadi C.

Peringkat C tersebut menunjukkan gagal bayar atau proses menyerupai gagal bayar yang telah berjalan atau kapasitas pembayaran telah terganggu.

Baca Juga:
Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang? Pan Brothers (PBRX) Jaring Laba USD6,29 Juta di Semester I-2023, Melesat 86 Persen

Penurunan peringkat ini terjadi setelah Pan Brothers gagal membayar amortisasi sebesar USD5 juta atas pinjaman sindikasinya sebesar USD124 juta, yang jatuh tempo pada 27 September 2023.

Hal ini mengakibatkan Pan Brothers memasuki masa tenggang selama 30 hari dengan pemberi pinjaman banknya sejak tanggal jatuh tempo.

Baca Juga:
Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang? Marak Impor Ilegal Produk Tekstil, PBRX Tidak Berdampak

"Kami memperkirakan perusahaan memiliki kas sekitar USD30 juta pada 30 September 2023," tulis situs resmi fitchratings, Senin (16/10/2023).

Adapun asumsi utama Fitch dalam menurunkan peringkat Pan Brothers di antaranya, pendapatan akan turun sebesar 5% pada 2023. Pertumbuhan satu digit yang rendah pada 2024 seiring dengan pulihnya permintaan.

Baca Juga:
Fitch Turunkan Peringkat Pan Brothers (PBRX), Gagal Bayar Utang? Gelar Rights Issue, PBRX Bidik Dana Rp750,18 Miliar

Kemudian Margin EBITDA yang stabil sekitar 8% pada 2023 dan 2024 pada model cost-plus margin perusahaan.

Capex sekitar USD4 juta pada 2023 tanpa adanya ekspansi kapasitas. Belanja modal akan berlipat ganda pada 2024 seiring dengan investasi perusahaan dalam pertumbuhan kapasitas. "Tidak ada pembayaran dividen pada tahun 2023-2024," tulis Fitch.

Fitch juga menurunkan peringkat obligasi senior tanpa jaminan Pan Brothers senilai USD171 juta yang jatuh tempo Desember 2025, yang diterbitkan oleh PB International B.V. menjadi C dari CCC dengan Peringkat Pemulihan RR4.

Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah menurunkan Peringkat Nasional Jangka Panjang Pan Brothers menjadi C(idn) dari CCC-(idn)

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.