Note

Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS

· Views 72
Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS
Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street pekan ini bakal diisi oleh investor yang akan fokus melihat keadaan konsumen AS yang pengeluarannya menggerakkan sekitar dua pertiga perekonomian dengan laporan penjualan ritel AS dan pendapatan dari Procter & Gamble, Netflix, dan sejumlah bank.

Mengutip Reuters, belanja konsumen yang tahan lama telah menjadi alasan utama ketahanan perekonomian dalam menghadapi suku bunga yang lebih tinggi, dengan perekonomian yang lebih baik dari perkiraan mendukung saham pada tahun ini.

Baca Juga:
Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS Laba Bank-Bank Besar di Atas Ekspektasi, Wall Street Dibuka Menguat

Indeks S&P 500 naik sekitar 13% tahun ini, meskipun telah turun sekitar 6% dari level tertinggi yang dicapai pada akhir Juli.

Data penjualan ritel, yang akan dirilis pada hari Selasa, mungkin harus berjalan sulit untuk memuaskan investor. Angka yang jauh lebih kuat dari perkiraan dapat menimbulkan kekhawatiran akan kembalinya inflasi dan meningkatkan kekhawatiran bahwa Federal Reserve perlu mempertahankan kenaikan suku bunganya lebih lama.

Baca Juga:
Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi

Sebaliknya, angka yang lemah dapat memicu kembali kekhawatiran akan kemerosotan ekonomi yang sejauh ini berhasil dihindari oleh AS, meskipun The Fed menaikkan biaya pinjaman ke level tertinggi dalam beberapa dekade.

“Ini sangat penting bagi kami karena hal itulah yang membuat perekonomian ini tangguh,” kata Art Hogan, kepala strategi pasar di B Riley Wealth. “Kami benar-benar ingin melihat apa yang dilakukan konsumen dan apa yang mereka katakan.”

Baca Juga:
Prediksi Wall Street Pekan Ini, Investor Fokus pada Data Ekonomi AS Inflasi AS Terjaga, Wall Street Dibuka Menguat

Penjualan ritel diperkirakan meningkat 0,3% secara bulanan di bulan September, menurut ekonom yang disurvei oleh Reuters.

Ketika musim laporan keuangan kuartal ketiga memanas, investor juga mewaspadai tanda-tanda bahwa konflik antara Israel dan Hamas semakin meluas. Investor beralih ke aset-aset safe-haven seperti Treasury dan emas pada hari Jumat di tengah kekhawatiran konflik dapat meningkat pada akhir pekan.

Ada beberapa tanda bahwa kekuatan konsumen mungkin goyah. Sebuah survei pada hari Jumat menunjukkan sentimen konsumen AS memburuk pada bulan Oktober, dengan rumah tangga memperkirakan inflasi yang lebih tinggi pada tahun depan. Penurunan sentimen bulanan ketiga berturut-turut yang dilaporkan oleh University of Michigan terjadi hampir di semua kelompok demografi.

Bank-bank besar AS pada hari Jumat memperingatkan perekonomian melambat karena nasabah menghabiskan tabungan mereka.

“Ada banyak pertanyaan seputar bagaimana kondisi konsumen,” kata Walter Todd, kepala investasi di Greenwood Capital.

Ketika laporan pendapatan dirilis, investor juga akan fokus pada komentar dari eksekutif bank tentang apakah orang Amerika gagal membayar pinjaman dan membayar kembali utang kartu kredit. Bank of America (BAC.N) melaporkan hasilnya pada hari Selasa, dengan sejumlah bank regional juga diperkirakan akan melaporkan kinerjanya pada minggu mendatang.

Laporan pendapatan dari industri lain juga akan memberikan pandangan tentang perilaku konsumen. Mereka termasuk raksasa produk konsumen Procter & Gamble (PG.N), pembuat kendaraan listrik Tesla (TSLA.O), perusahaan streaming Netflix (NFLX.O), operator kasino Las Vegas Sands (LVS.N) dan America Airlines Group (AAL. HAI).

Todd, dari Greenwood Capital, berfokus pada wawasan dari perusahaan-perusahaan tentang dampak kumulatif dari "inflasi yang lebih tinggi dan tingkat suku bunga yang lebih tinggi terhadap konsumen."

“Selain itu, pembayaran pinjaman mahasiswa yang kembali meningkat, akan memberikan tekanan tambahan pada kemampuan mereka untuk membelanjakan uangnya,” katanya.

Yang pasti, angka penjualan ritel yang kuat juga dapat memicu kekhawatiran, yang berpotensi memperbaharui kekhawatiran bahwa perekonomian yang terlalu panas akan mendorong The Fed untuk mengambil sikap suku bunga yang lebih hawkish.

Hasil seperti itu dapat memperpanjang kenaikan imbal hasil Treasury yang telah menekan saham-saham dalam beberapa pekan terakhir. Imbal hasil acuan 10-tahun AS saat ini berada di 4,65%, setelah mencapai level tertinggi 16-tahun pada awal bulan ini.

Jack Ablin, kepala investasi di Cresset Capital, mengatakan dia memperkirakan imbal hasil obligasi pemerintah AS akan keluar dari batas maksimal dan turun menjadi sekitar 4,5%, sehingga meningkatkan selera investor terhadap risiko.

“Jika memang kita melihat berkurangnya kekuatan belanja konsumen, hal ini kemungkinan akan mengurangi tekanan pada suku bunga dan The Fed,” kata Ablin. “Kesimpulan konsumen minggu depan, menurut saya, akan menjadi kabar buruk dan kabar baik.”

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.