Note

Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah.

· Views 63
Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah.
Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Konflik di Timur Tengah antara Israel-Hamas mempertajam fokus investor global pada meningkatnya risiko geopolitik di pasar keuangan. Investor pun menunggu apakah konflik tersebut meluas ke negara lain berpotensi menaikkan harga minyak lebih lanjut dan memukul ekonomi dunia.

Terlebih lagi setelah pernyataan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (15/10/2023) yang bersumpah untuk “menghancurkan Hamas” ketika militernya mempersiapkan operasi darat di Gaza untuk membasmi kelompok militan tersebut. Serangan mematikan yang dilakukan Israel melalui kota-kota perbatasan Israel telah mengejutkan Palestina.

Baca Juga:
Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah. Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS

Di sisi lain, harga minyak melonjak hampir 6% pada Jumat (13/10/2023), karena investor memperkirakan kemungkinan konflik Timur Tengah yang meluas. Indikator pertama reaksi terhadap perkembangan akhir pekan kemungkinan besar akan muncul ketika minyak mulai diperdagangkan di Asia pada pekan depan.

“Sepertinya kita sedang menuju invasi darat besar-besaran ke Gaza dan memakan banyak korban jiwa,” kata Ben Cahill, peneliti senior di Program Keamanan Energi dan Perubahan Iklim di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) dilansir dari Reuters, Senin (16/10/2023). 

Baca Juga:
Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah. Bos JP Morgan Warning Konflik Israel-Hamas Berdampak Buruk pada Perekonomian

"Kapan pun Anda menghadapi konflik sebesar ini, Anda akan mendapat reaksi pasar," lanjutnya. 

Reaksi pasar dalam sepekan terakhir relatif tenang, meskipun mata uang syikal Israel mendapat pukulan besar. “Saya tidak tahu apakah pasar akan tetap berperilaku baik,” kata Erik Nielsen, kepala penasihat ekonomi grup di UniCredit. 

Baca Juga:
Pasar Global Bersiap Hadapi Dampak Meluasnya Konflik di Timur Tengah. Panasnya Konflik Israel-Palestina Bikin Harga Minyak Melesat ke Level Tertinggi dalam Sepekan

“Hal ini hampir pasti bergantung pada apakah konflik terbaru ini masih bersifat lokal atau justru meningkat menjadi perang Timur Tengah yang lebih luas,” tambahnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.