Note

Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS

· Views 66
Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS
Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pasar saham global mencatatkan kinerja impresif di tengah turbulensi perekonomian global hingga kuartal kedua (Q2) 2023.

World Federation of Exchanges (WFE) dan Securities Industry and Financial Markets Association (SIFMA) mengungkap, pasar saham global dilaporkan telah meningkat hampir tiga kali lipat sejak 2003, dengan total kapitalisasi pasar mencapai USD109 triliun hingga Q2 2023.

Baca Juga:
Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS Mencermati Dampak Bursa AS Naik Tajam Setelah Rilis Tenaga Kerja ke IHSG

Selama beberapa dekade terakhir, pertumbuhan jumlah uang beredar dan suku bunga yang sangat rendah telah mendukung peningkatan nilai aset di berbagai negara. Data WFE dan SIFMA menunjukkan, Amerika Serikat (AS) menyumbang 42,5 persen dari kapitalisasi pasar saham global. 

Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS

Baca Juga:
Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS Bursa Asia Dibuka Hijau Jelang Akhir Pekan, Hang Seng Naik Tertinggi

Angka ini juga melampaui negara ekonomi maju lainnya seperti Uni Eropa dengan selisih yang signifikan. Dibandingkan dengan negara-negara kaya lainnya, saham-saham di AS sering kali berkinerja lebih baik selama beberapa dekade terakhir. 

Jika seorang investor menaruh USD100 di S&P 500 pada 1990, investasi ini akan tumbuh menjadi sekitar USD2.000 pada tahun 2023, atau empat kali lipat keuntungan yang terlihat di negara maju lainnya.

Baca Juga:
Valuasi Pasar Global Tembus USD109 Triliun, Dipimpin Bursa AS Wall Street hingga Bursa Asia, Drama Obligasi AS Bikin Pasar Tumbang

Adapun pasar saham terbesar kedua di dunia adalah Uni Eropa dengan pangsa 11,1 persen secara global. Di urutan ke tiga, ada China dengan pangsa pasar sebesar 10,6 persen.

Dalam 20 tahun terakhir, perekonomian China telah meningkat sekitar 12 kali lipat, mencapai USD19,4 triliun pada tahun ini. 

Pasar saham China juga telah tumbuh dengan pesat, didorong oleh masuknya saham-saham domestik China ke dalam indeks MSCI Emerging Market Index pada 2018. 

Serta didukung dengan internasionalisasi pasar saham China pada 2002. Sementara pasar saham Jepang menyumbang 5,4 persen dari pangsa global, diikuti oleh Hong Kong sebesar 4 persen.

Lanskap Investasi Masa Depan

Goldman Sachs memproyeksikan kapitalisasi pasar saham AS akan turun hingga 35 persen dari keseluruhan pasar global pada 2030 nanti.

Sementara itu, negara-negara berkembang, termasuk China dan India, secara kolektif diperkirakan akan mencapai pangsa pasar 35 persen dalam periode yang sama. 

Pada tahun 2050, pangsa pasar negara-negara berkembang diperkirakan akan jauh melampaui AS, yaitu mencapai 47 persen dari pasar saham global.

Faktor yang bisa menyebabkan perubahan ini adalah proyeksi pertumbuhan ekonomi yang pesat di negara-negara berkembang.

Secara historis, seiring dengan pertumbuhan PDB per kapita, kondisi ini biasanya diikuti oleh perkembangan pasar modal dalam suatu perekonomian. Hal ini dapat kita lihat di negara-negara kaya, yang cenderung memiliki pemerataan pasar yang lebih tinggi.

India diproyeksikan menjadi yang tercepat secara global. Pada 2030, diperkirakan akan mencapai 4,1 persen dari kapitalisasi pasar ekuitas global. 

Selain itu, pada 2050, pangsa ini diproyeksikan akan melampaui kawasan Euro karena pertumbuhan PDB per kapita yang kuat dan faktor demografi.

Faktor kedua, meskipun pada tingkat yang lebih rendah, adalah peningkatan valuasi negara berkembang yang didorong oleh PDB per kapita yang lebih tinggi. 

Negara-negara kaya, seperti yang terlihat di AS, sering kali melakukan perdagangan dengan pendapatan berlipat ganda karena dianggap memiliki risiko lebih rendah.

Kinerja Pasar Saham RI

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), per 15 Oktober 2023, setidaknya terdapat 73 perusahaan yang mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO) sepanjang tahun ini. Pencapaian ini bahkan melampaui target BEI sebanyak 57 emiten yang IPO.

Memasuki kuartal ke 3 tahun ini, tercatat ada 29 emiten yang sudah melantai di BEI. Dari 29 emiten tersebut, ada 2 IPO jumbo yang tercatat yaitu PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN), produsen tembaga dan emas afiliasi grup Medco yang meraup dana sebesar Rp10,7 triliun.  

Diikuti operator jaringan bioskop XXI, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (CNMA) sebesar Rp2,25 triliun. Baru-baru ini, pada 3-5 Oktober 2023, perolehan dana dari 

aktivitas IPO PT Barito Renewable Tbk (BREN) mencapai Rp 3,13 triliun dari total 4 miliar lembar saham yang ditawarkan. 

Saham itu bahkan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari 135 kali dari total porsi minimum awal yang disyaratkan.

Ini menunjukkan, bahwa antusiasme investor pasar saham di Indonesia cukup tinggi sepanjang tahun ini.

Secara keseluruhan, data perdagangan BEI selama periode 9 hingga 13 Oktober 2023 ditutup dengan peningkatan rata-rata volume transaksi harian sebesar 7,66 persen menjadi 19,51 miliar lembar saham dari sebelumnya 18,12 miliar lembar saham pada sepekan yang lalu. 

Kapitalisasi pasar saham RI pekan ini juga meningkat 2,99 persen menjadi Rp10.562 triliun dari Rp10.255 triliun pada pekan sebelumnya. 

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga ditutup menguat sebesar 0,56 persen menjadi 6.926,780 dari 6.888,518 pada penutupan pekan yang lalu. 

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.