Note

Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen

· Views 63
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen

IDXChannel - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mencatat perolehan nilai kontrak baru (NKB) eksternal hingga kuartal III-2023 tumbuh sebesar 212 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Pertumbuhan NKB porsi pasar eksternal tahun ini merupakan yang paling tinggi selama setengah dekade terakhir. Total NKB hingga september 2023 yang dikantongi perseroan sebesar Rp1,15 triliun dengan porsi eksternal sebanyak 76 persen.

Baca Juga:
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi

“Ini merupakan catatan baru bagi WSBP karena telah secara progresif menggenjot pasar eksternal dengan pertumbuhan lebih dari 2 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Vice President of Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto dalam keterangannya, Jumat (13/10/2023).

Perolehan NKB porsi eksternal ini mayoritas didapat dari pelanggan swasta dengan porsi 80 persen dari total NKB. 

Baca Juga:
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen WSBP Pastikan Suplai Girder dan Readymix Siap untuk PSN Jakarta-Cikampek II Selatan 

“Kalau dilihat berdasarkan pelanggan, mayoritas kontrak kami dengan sektor swasta sebesar 80 persen dan BUMN/BUMD sebesar 19 persen, dan sisanya adalah sektor pemerintah,” ujar dia.

Adapun beberapa proyek besar di luar Waskita Grup yang didapat, yaitu Sumbawa LNG Terminal and Regasification Project yang dimiliki oleh PT JGC Indonesia, Proyek Area Gasing Kec Talang Kelapa Banyuasin Sumatera Selatan yang dimiliki oleh PT Multi Welindo. 

Baca Juga:
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen WSBP Selesaikan Suplai Produk untuk Proyek Kuala Tanjung-Indrapura Seksi 2

Selain itu, Proyek Pengaman Pantai di Teluk Jakarta Tahap 6 Paket 3 yang dimiliki oleh PT Adhi Karya Tbk dan PT Minarta Dutahutama, Proyek Nusantara International Convention and Exhibition yang dimiliki PT Industri Pameran Nusantara.

Ada juga Proyek Tol Bayung Lencir Tempino Seksi 2 yang dimiliki oleh PT PP Tbk dan PT Nindya Karya, dan proyek lainnya.

Baca Juga:
Kontrak Baru Eksternal Waskita Beton (WSBP) Tumbuh 212 Persen Waskita Beton (WSBP) Garap Proyek Jalan di Timur Leste Senilai Rp7,8 Miliar

Dengan top lima proyek Waskita Group yang didapat, yaitu Proyek Pembangunan Jalan di dalam KIPP: Paket Pembangunan Jalan Feeder (Distrik) di Kawasan IKN, ADD III Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan Paket 3, Proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino Seksi 1. 

Proyek Pembangunan Bangunan Gedung Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung Pada Kawasan Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara. Selain itu, Proyek Jalan Tol Jakarta Cikampek 2 Selatan Paket 3 dan Proyek Jalan Tol Bayung Lencir Tempino Seksi 1.

Salah satu proyek yang sedang menjadi fokus WSBP saat ini, yaitu Proyek Tol IKN Segmen Tempadung–Jembatan Pulau Balang. 

Progres suplai atas proyek tersebut hingga saat ini mencapai 28,29 persen. Ditargetkan proyek-proyek strategis pemerintahan selesai tepat waktu dengan tetap mengutamakan kualitas produk.

Ke depannya, manajemen juga akan fokus menyusun strategi perolehan kontrak baru dengan peningkatan pangsa pasar di luar Waskita Group dan melakukan penjajakan pasar luar negeri, khususnya kawasan Asia Tenggara, namun dengan tetap mengutamakan kondisi pendanaan proyek yang sehat. 

Selain itu WSBP juga selalu mengedepankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan manajemen risiko dalam setiap kegiatan operasional perusahaan.

Manajemen optimistis pada tahun ini, kinerja perusahaan akan tumbuh peningkatan dari beberapa lini bisnis terutama readymix yang sudah mendominasi nilai kontrak sebesar 56 persen. 

“Nilai kontrak baru ditopang oleh capaian dari sektor precast sebesar 40 persen, readymix sebesar 56 persen, dan jasa konstruksi sebesar 4," ucapnya.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.