Note

Rupiah Hari Ini Tembus Rp15.700 per USD, Warning bagi Pemerintah?

· Views 59
Rupiah Hari Ini Tembus Rp15.700 per USD, Warning bagi Pemerintah?
Rupiah Hari Ini Tembus Rp15.700 per USD, Warning bagi Pemerintah? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar rupiah menembus Rp15,700 per USD pada perdagangan hari ini Jumat (13/10/2023) atau melemah 6,50 poin atau 0,04%.

Pada perdagangan kemarin, kurs rupiah mencapai Rp15.699 per USD yang menunjukkan adanya penguatan dolar AS setelah rilis data inflasi yang melampaui ekspektasi pasar.

"Dalam 6 bulan terakhir rupiah sudah melemah 6,83%, sehingga level 15.700 sebenarnya sudah menjadi warning terkait dampak ke berbagai sektor," ungkap ekonom sekaligus Direktur CELIOS Bhima Yudhistira kepada IDX Channel di Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Ia mencontohkan, volatilitas Rupiah akan menyebabkan biaya impor beras naik. Selain harga beras di pasar internasional yang masih tinggi karena stok berkurang, juga terpukul oleh pelemahan kurs. 

"Imbas jangka pendeknya biaya impor pangan naik akan menjadi inflasi dan melemahkan daya beli masyarakat," ucap Bhima.

Karenanya, ia menyarankan sejumlah langkah pencegahan kepada pemerintah agar nilai tukar Rupiah tidak melanjutkan tren pelemahan ini.

"Pencegahan terhadap pelemahan Rupiah bisa dimulai dengan penurunan impor pangan dan bahan baku industri," sambung Bhima

Selain itu, dia menyarankan agar pemerintah juga bisa terus mendorong agar devisa hasil ekspor lebih banyak dikonversi ke Rupiah dan disimpan lebih lama di perbankan domestik.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.