Note

Dolar Australia Berusaha Pulih Dari Penurunan Baru-Baru Ini Menyusul Data AS yang Optimis

· Views 39
Bagikan:
  • Dolar Australia merosot pasca rilis inflasi utama AS.
  • Ekspektasi Inflasi Konsumen meningkatkan peluang RBA untuk menaikkan suku bunga.
  • Dolar AS menguat menyusul serangkaian data AS yang optimis.

Dolar Australia (AUD) mencoba mendoreksi pelemahan baru-baru ini, cenderung ke arah negatif. Pergeseran ini disebabkan oleh data ekonomi yang optimis dari Amerika Serikat (AS) yang dilaporkan pada hari Kamis. Dengan inflasi AS yang melampaui ekspektasi dan klaim pengangguran awal yang lebih rendah dari yang diantisipasi, diskusi mengenai arah kebijakan moneter Federal Reserve (The Fed) AS telah dihidupkan kembali.

Australia telah mengalami peningkatan ekspektasi konsumen mengenai inflasi, sebuah tren yang kemungkinan besar dipengaruhi oleh kenaikan harga minyak. Titik fokus yang akan datang termasuk rilis Notulen Reserve Bank of Australia (RBA) dan data ketenagakerjaan di minggu depan.

Indeks Dolar AS (DXY) mendapatkan momentum kenaikan setelah rilis data AS yang kuat. Meskipun demikian, pada hari Jumat, Dolar AS (USD) diperdagangkan sedikit lebih rendah, dipengaruhi oleh penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS setelah lonjakan baru-baru ini. Para pelaku pasar diperkirakan akan mengalihkan perhatian mereka ke Indeks Sentimen Konsumen Michigan yang akan dirilis pada hari Jumat.

Para investor tampaknya memperhitungkan kemungkinan kenaikan suku bunga The Fed. Hal ini patut diperhatikan mengingat retorika dovish baru-baru ini dari sebagian besar para pejabat The Fed, yang menekankan perlunya bank sentral AS mempertahankan suku bunga yang lebih tinggi untuk waktu yang lama, bahkan tanpa mengisyaratkan niat yang jelas untuk kenaikan suku bunga lagi.

Ringkasan Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Mencoba Mengoreksi Pelemahan Baru-Baru Ini pada Lintasan Suku Bunga RBA

  • Ekspektasi Inflasi Konsumen Australia untuk bulan Oktober telah dilaporkan sebesar 4,8% pada hari Kamis, menunjukkan sedikit kenaikan dari angka bulan September sebesar 4,6%.
  • Australia mengalami pemulihan inflasi di bulan Agustus, sebagian besar didorong oleh kenaikan harga minyak. Kebangkitan ini meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA).
  • Konflik Timur Tengah yang sedang berlangsung menambah kerumitan pada situasi ini, yang berpotensi mendorong RBA untuk mengimplementasikan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bp), mencapai 4,35% pada akhir tahun.
  • Ketegangan geopolitik yang meningkat mendorong lonjakan permintaan untuk komoditas, terutama energi dan emas. Lonjakan ini memberikan pengaruh positif pada kinerja pasangan AUD/USD.
  • Kepercayaan Konsumen Westpac Australia menunjukkan bahwa kondisi pembelian saat ini membaik di bulan Oktober. Indeks ini naik 2,9% dari penurunan 1,5% sebelumnya di bulan September.
  • Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) mengungkapkan bahwa Indeks Harga Konsumen di AS melampaui prakiraan pada bulan September. Angka basis tahunan berekspansi pada tingkat yang konsisten sebesar 3,7%, sedikit melebihi estimasi 3,6%.
  • Klaim Tunjangan Pengangguran Awal AS untuk pekan yang berakhir pada 6 Oktober menunjukkan sedikit pelonggaran, meskipun terjadi peningkatan sebesar 209K, yang sedikit di bawah prakiraan 210 Ribu.
  • Indeks Harga Produsen (IHP) AS melonjak pada bulan September secara tahunan, melonjak dari 2,0% ke 2,2%, melampaui prakiraan 1,6%. IHP inti mengalami kenaikan, naik ke 2,7% dari prakiraan pelonggaran ke 2,3%, melampaui angka sebelumnya sebesar 2,5%.
  • Imbal hasil obligasi Treasury AS naik pada hari Kamis didukung oleh data AS yang kuat, dengan imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun mencapai level tertinggi di 4,72%.
  • Risalah Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menjelaskan perbedaan pendapat, menggarisbawahi pentingnya ketergantungan pada data. Konsensus untuk kenaikan suku bunga tambahan tampaknya bergantung pada kenaikan inflasi yang signifikan.
  • Beberapa partisipan berpendapat bahwa ketika suku bunga kebijakan mendekati puncaknya, fokus harus bergeser dari tingkat kenaikan suku bunga ke penentuan berapa lama untuk mempertahankan suku bunga kebijakan pada tingkat yang ketat.
  • Para pelaku pasar kemungkinan akan memantau Indeks Sentimen Konsumen Michigan AS pada hari Jumat. Meskipun agenda ekonomi Australia kosong pada hari Jumat, perhatian akan beralih ke notulen Reserve Bank of Australia (RBA) dan data ketenagakerjaan yang dijadwalkan untuk dirilis pada minggu mendatang.

Analisis Teknis: Dolar Australia Bertahan di Atas Level Support Utama di 0,6300

Dolar Australia diperdagangkan di sekitar 0,6320, sejajar dengan level support utama di 0,6300 sejajar dengan level terendah bulanan di 0,6285. Level Fibonacci retracement 23,6% di 0,6429 bertindak sebagai resistance yang kuat, diikuti oleh Exponential Moving Average (EMA) 50 hari di level 0,6445. Penembusan yang jelas dapat membuka jalan bagi momentum kenaikan, dengan target pencapaian psikologis di 0,6500.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Berusaha Pulih Dari Penurunan Baru-Baru Ini Menyusul Data AS yang Optimis

Harga Dolar Australia hari ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terkuat terhadap Dolar AS.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   -0.04% -0.08% 0.00% -0.05% 0.01% 0.00% -0.06%
EUR 0.04%   -0.05% 0.04% -0.01% 0.05% 0.04% -0.03%
GBP 0.07% 0.04%   0.08% 0.03% 0.09% 0.08% 0.02%
CAD 0.00% -0.03% -0.08%   -0.04% 0.01% 0.01% -0.06%
AUD 0.06% 0.01% -0.04% 0.05%   0.06% 0.06% -0.01%
JPY -0.02% -0.05% -0.13% -0.01% -0.09%   -0.05% -0.07%
NZD -0.02% -0.02% -0.08% 0.01% -0.05% 0.03%   -0.06%
CHF 0.06% 0.03% -0.01% 0.07% 0.02% 0.07% 0.08%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (acuan).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.