Note

Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi

· Views 40
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Wall Street ditutup lebih rendah pada perdagangan Kamis (12/10/2023) waktu setempat, setelah lelang Departemen Keuangan AS mengirim imbal hasil obligasi lebih tinggi. 

Sementara investor sudah mencerna data yang menunjukkan harga konsumen naik lebih dari yang diperkirakan pada bulan September.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Wall Street Dibuka Menguat di Tengah Meningkatnya Ketegangan Geopolitik Timur Tengah

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 173,73 poin, atau 0,51%, menjadi 33.631,14, S&P 500 (.SPX) kehilangan 27,34 poin, atau 0,62%, menjadi 4.349,61 dan Nasdaq Composite (.IXIC) turun 85,46 poin, atau 0,63% menjadi 13.574,22.

Meningkatnya biaya hunian mendorong harga konsumen lebih tinggi pada bulan lalu, sementara kenaikan tahunan pada angka inti, tidak termasuk komponen pangan dan energi, merupakan yang terkecil dalam dua tahun terakhir.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Wall Street Ditutup Menguat Usai Komentar Pejabat The Fed

Setelah data tersebut, S&P 500 menghabiskan pagi hari dengan zig-zag antara merah dan hijau. Harga berubah jauh lebih rendah setelah jam 1 siang. Lelang Treasury AS tenor 30 tahun pada EDT (17.00 GMT) memenuhi permintaan yang lemah.

"Hambatan terbesar yang dihadapi pasar dalam dua bulan terakhir adalah kenaikan suku bunga. Setiap pergerakan berarti pada hari tertentu akan berdampak pada ekuitas," kata Michael James, direktur pelaksana perdagangan ekuitas. di Wedbush Securities di Los Angeles.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Wall Street Dibuka Menguat setelah Inflasi Tingkat Produsen Melebihi Ekspektasi

Setelah lelang hari Kamis, "besarnya kenaikan suku bunga menyebabkan dislokasi penurunan yang signifikan pada ekuitas secara keseluruhan," tambah James.

Imbal hasil acuan AS bertenor 10 tahun naik setelah data inflasi dirilis dan naik lebih jauh hingga mencapai sesi tertinggi setelah lelang. Imbal hasil acuan naik setinggi 4,728%, level tertinggi sejak Jumat setelah jatuh selama dua hari terakhir.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Wall Street Ditutup Menguat, Usai Investor Mencerna Risalah Rapat The Fed

Di antara 11 sektor industri utama S&P 500, penurunan terbesar adalah material (.SPLRCM), yang berakhir dengan penurunan 1,5%. 

Kenaikan imbal hasil khususnya menekan sektor-sektor yang sensitif terhadap suku bunga seperti utilitas (.SPLRCU), turun 1,5% dan real estat (.SPLRCR) turun 1,3%, yang merupakan sektor dengan penurunan terbesar kedua dan ketiga.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Turun Seiring Kenaikan Imbal Hasil Obligasi Inflasi AS Terjaga, Wall Street Dibuka Menguat

Saham-saham pembangunan rumah turun setelah data tersebut dirilis dan berada di bawah tekanan yang lebih besar setelah kenaikan imbal hasil obligasi pada sore hari. iShares Home Construction ETF (ITB.Z) berakhir turun 4,62% untuk persentase penurunan satu hari terbesar dalam hampir setahun.

Satu-satunya sektor yang memperoleh keuntungan dari sektor S&P adalah teknologi informasi (.SPLRCT), naik 0,1% dan energi (.SPNY), naik 0,09%.

Presiden Fed Boston Susan Collins, yang tidak memiliki hak suara di Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang menetapkan suku bunga tahun ini, mengatakan pada hari Rabu bahwa meskipun peluang ekonomi untuk keluar dari resesi semakin besar, ada kemungkinan bank sentral akan melakukan hal yang sama. tidak dilakukan dengan kenaikan suku bunga yang bertujuan untuk mengembalikan inflasi ke sasarannya.

Investor juga dengan cermat memantau perkembangan di Timur Tengah. Gaza semakin dekat dengan bencana kemanusiaan ketika jumlah korban tewas meningkat dan pasokan penting semakin menipis, sementara Israel mengerahkan tank-tank di perbatasan wilayah kantong tersebut menjelang antisipasi invasi darat di tengah seruan internasional untuk menahan diri.

Fokus investor akan segera beralih ke musim laporan keuangan pada hari Jumat, dengan bank-bank besar termasuk JPMorgan Chase (JPM.N), Wells Fargo (WFC.N) dan Citigroup (C.N) melaporkan angka triwulanan mereka sebelum pasar dibuka.

Di antara saham individu, Fastenal (FAST.O) menguat 7.5% setelah perusahaan perlengkapan industri mengalahkan perkiraan laba kuartal ketiga.

Ford Motor (F.N) turun 2% setelah serikat pekerja United Auto Workers (UAW) memperluas pemogokan mereka di pabrik perusahaan terbesar dan paling menguntungkan.

Jumlah obligasi yang mengalami penurunan melebihi jumlah obligasi yang naik di NYSE dengan rasio 4,46 banding 1; di Nasdaq, rasio 2,89 banding 1 mendukung penurunan.

S&P 500 membukukan 17 titik tertinggi baru dalam 52 minggu dan 37 titik terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 38 titik tertinggi baru dan 322 titik terendah baru.

Di bursa AS, 10,91 miliar saham berpindah tangan dibandingkan dengan rata-rata pergerakan 10,75 miliar dalam 20 sesi terakhir.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.