Note

Bagaimana meningkatnya krisis geopolitik di Israel akan mempengaruhi EUR/USD?

· Views 84

Investor hampir tidak punya waktu untuk memahami mengapa EUR/USD naik sebagai respons terhadap statistik ketenagakerjaan AS yang mengesankan untuk bulan September ketika ketidakpastian baru menambah nasib pasangan mata uang utama ini. Konflik bersenjata di Israel berisiko meluas melampaui batas negara dan menimbulkan konsekuensi yang tidak terduga terhadap pasar keuangan. Tidak mengherankan jika dolar AS menguat di awal minggu, bertindak sebagai safe haven hingga 13 Oktober. Namun, bisakah hal ini memperoleh keuntungan baru dalam jangka menengah?

Dinamika ketenagakerjaan di luar sektor pertanian AS

Bagaimana meningkatnya krisis geopolitik di Israel akan mempengaruhi EUR/USD?

Meskipun kejadian di Israel berdampak kecil terhadap dinamika pasar minyak, peningkatan risiko geopolitik di Timur Tengah telah menyebabkan lonjakan harga Brent. Jika konflik meningkat, dan hal ini sangat mungkin terjadi, dan negara-negara lain ikut terlibat, harga minyak mentah bisa naik lebih tinggi lagi. Menurut Nomura, kenaikan harga minyak mentah North Sea menjadi $110 per barel dapat menyebabkan paritas pada pasangan EUR/USD. Berbeda dengan AS, zona euro adalah importir minyak bersih, dan kenaikan harga mempunyai dampak negatif terhadap perekonomiannya.

Pada saat yang sama, kenaikan harga Brent memperburuk risiko lonjakan inflasi baru di Amerika Serikat. Federal Reserve tidak akan ragu-ragu dalam waktu lama untuk menaikkan suku bunga dana federal. Dengan perekonomian yang kuat, hal ini tidak sulit untuk dilakukan, dan perekonomian AS memang kokoh, tidak seperti perekonomian Eropa, yang berisiko terkena krisis energi baru dan pemborosan Italia. Akibatnya, euro mungkin jatuh di bawah paritas untuk ketiga kalinya dalam sejarah.

Dinamika EUR/USD

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Bagaimana meningkatnya krisis geopolitik di Israel akan mempengaruhi EUR/USD?

Namun, ada skenario alternatif. Meningkatnya konflik geopolitik di Timur Tengah dapat meningkatkan permintaan terhadap aset-aset safe-haven, terutama obligasi Treasury AS. Investor akan mulai membelinya dalam jumlah tak terbatas karena imbal hasil yang cukup menarik. Akibatnya, tekanan kenaikan jangka panjang terhadap imbal hasil utang dolar AS akan menurun tajam. Dengan latar belakang ini, EUR/USD bisa melonjak dengan cepat. Mungkin konflik bersenjata di Israel adalah angsa hitam yang telah kami sebutkan di materi sebelumnya.

Bagaimana meningkatnya krisis geopolitik di Israel akan mempengaruhi EUR/USD?

Masih sulit untuk mengatakan jalur mana yang akan diambil oleh pasangan mata uang utama ini, namun bintang penuntunnya tetap pada imbal hasil pasar utang AS. Akankah investor membeli obligasi karena geopolitik, ataukah mereka terinspirasi oleh berlanjutnya perlambatan inflasi AS pada bulan September? Kita tidak perlu menunggu lama. Trader harus siap menghadapi skenario apa pun. Pasar jelas menjauh dari kebijakan moneter The Fed dan punya mainan baru. Mengapa tidak melihatnya lebih dekat?

Secara teknis, pada grafik harian EUR/USD, kenaikan berhasil mendorong kuotasi di atas nilai wajar 1.0505. Ini adalah kabar baik bagi pembeli. Namun, pembentukan inside bar mengindikasikan ketidakpastian. Jika hari trading berakhir sebagaimana adanya, masuk akal untuk menempatkan pending order di level 1,0575 untuk pembelian dan 1,0525 untuk penjualan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.