Note

Kementerian PUPR Lanjutkan Pekerjaan Pemeliharaan Tiga Danau di Kapuas Hulu

· Views 42

Pasardana.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 Ditjen Sumber Daya Air tengah melanjutkan pekerjaan pemeliharaan 3 (tiga) buah danau yaitu, Danau Sinau, Danau Jaras, dan Danau Selanyut yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas, Putussibau.

Kegiatan pemeliharaan tersebut bertujuan untuk meminimalisir terjadinya bencana bajir di Kapuas Hulu beberapa waktu lalu. 

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen Sumber Daya Air, Muhammad Adek Rizaldi mengatakan, kegiatan pemeliharaan dilakukan untuk memberikan dampak signifikan dalam meminimalisir banjir di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu dan sekitarnya. 

"Jika musim hujan di sini memang sering banjir, sekarang hujan berhari-hari pun airnya tidak meluap langsung ke pemukiman warga, karena airnya cepat surut," ungkap Muhammad Adek Rizaldi, seperti dilansir dari siaran pers, Rabu (11/10/2023). 

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan 1 Pramono menambahkan, bahwa ada tiga danau yang tengah dalam pekerjaan pemeliharaan secara berkala yaitu, Danau Sinau seluas 11,67 hektar, Danau Jaras seluas 29,50 hektar, dan Danau Selanyut seluas 18,98 hektar. 

"Pekerjaan pemeliharaan tiga danau tersebut berupa; galian gulma padat, pengangkatan gulma apung, dan landscaping," terang Pramono. 

Menurut Pramono, kegiatan pemeliharaan tersebut bermanfaat, untuk mereduksi banjir di Kota Putussibau sebesar 1,763 juta meter kubik, sebagai sumber air untuk kolam penangkaran Ikan Arwana, dan meningkatkan hasil budidaya perikanan.

"Kegiatan tersebut dilaksanakan secara swakelola dengan masa pelaksanaan tahun 2022 - 2023 dengan anggaran senilai Rp9,46 miliar," ujar Pramono. 

Kepala Satker OP dan Pemeliharaan SDA Kalimantan 1 Kementerian PUPR Fadia mengatakan, kegiatan pemeliharaan tiga buah danau di Kebupaten Kapuas Hulu sudah dilakukan sejak tahun 2022, kemudian ditahun 2023 dilanjutkan, dan ke depannya pekerjaan pemeliharaan danau ini akan tetap dilanjutkan. 

"Melalui kegiatan pemeliharaan diharapkan nanti bisa menampung  debit air, sehingga tidak terjadi banjir parah di Kabupaten Kapuas Hulu yang terjadi beberapa waktu lalu,” tandasnya. 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.