Note

Dolar Australia Pulih dari Pelemahan Baru-Baru Ini karena Kenaikan Ekspektasi Konsumen

· Views 63
Bagikan:
  • Dolar Australia mendapatkan momentum kenaikan karena lintasan suku bunga RBA.
  • Ekspektasi Inflasi Konsumen meningkat menjadi 4,8% dari angka sebelumnya 4,6%.
  • Dolar AS tetap defensif meskipun data ekonomi AS optimis.

Dolar Australia (AUD) mengalami pemulihan dari penurunan baru-baru ini, kemungkinan didukung oleh kenaikan Ekspektasi Inflasi Konsumen Australia. Ekspektasi Inflasi Konsumen Melbourne Institute untuk bulan Oktober dilaporkan sebesar 4,8%, menunjukkan sedikit kenaikan dari angka bulan September sebesar 4,6%.

Data Australia mengindikasikan sedikit kenaikan pada ekspektasi konsumen mengenai inflasi, yang dapat dikaitkan dengan kenaikan harga minyak. Lonjakan harga bensin, kemungkinan mempengaruhi ekspektasi konsumen mengenai apa yang akan terjadi di masa depan.

Selain itu, pasangan AUD/USD dapat menguat karena kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA) meningkat.

Indeks Dolar AS (DXY) sedang berusaha keras untuk mempertahankan posisi di sekitar 105,70 pada saat artikel ini ditulis karena imbal hasil obligasi pemerintah AS yang suram. Dolar AS (USD) menghadapi tantangan meskipun ada data ekonomi yang kuat dari Amerika Serikat (AS), terutama dalam inflasi grosir, dan pengungkapan notulen rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC).

Mata uang AS tampaknya terjebak dalam pergulatan karena berbagai faktor mengimbangi sinyal-sinyal ekonomi yang positif. Spekulasi marak mengenai Federal Reserve AS (The Fed) yang berpotensi mengesampingkan kenaikan suku bunga. Spekulasi ini mendapatkan momentum dari komentar-komentar dovish dan sikap netral yang diambil oleh para pejabat penting, menambahkan elemen ketidakpastian pada prospek mata uang.

Ringkasan Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Mengoreksi Kembali Penurunan Baru-Baru Ini karena Ekspektasi Konsumen yang Lebih Tinggi

  • Australia mengalami pemulihan inflasi di bulan Agustus, yang sebagian besar didorong oleh kenaikan harga minyak. Kebangkitan ini meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga oleh Reserve Bank of Australia (RBA).
  • Konflik Timur Tengah yang sedang berlangsung menambah kerumitan pada situasi ini, yang berpotensi mendorong RBA untuk mengimplementasikan kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps), mencapai 4,35% pada akhir tahun.
  • Ketegangan geopolitik yang meningkat mendorong lonjakan permintaan untuk komoditas, terutama energi dan emas. Lonjakan ini memberikan pengaruh positif pada kinerja pasangan AUD/USD.
  • Kepercayaan Konsumen Westpac Australia menunjukkan bahwa kondisi pembelian saat ini membaik di bulan Oktober. Indeks ini naik 2,9% dari penurunan 1,5% di bulan September.
  • Indeks Harga Produsen (IHP) AS melonjak pada bulan September dalam skala tahunan, naik dari 2,0% ke 2,2%, melampaui perkiraan 1,6%. IHP inti mengalami kenaikan, naik ke 2,7% dari prakiraan pelonggaran ke 2,3%, melampaui angka sebelumnya sebesar 2,5%.
  • Imbal hasil obligasi pemerintah AS mengalami penurunan pada hari Rabu, dengan imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun mencapai level terendah di 4,54%.
  • Notulen Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) menjelaskan perbedaan pendapat, menggarisbawahi pentingnya ketergantungan pada data. Konsensus untuk kenaikan suku bunga tambahan tampaknya bergantung pada kenaikan inflasi yang signifikan.
  • Beberapa partisipan berpendapat bahwa ketika suku bunga kebijakan mendekati puncaknya, fokus harus bergeser dari tingkat kenaikan suku bunga ke penentuan berapa lama untuk mempertahankan suku bunga kebijakan pada tingkat yang ketat.
  • Spekulasi merebak mengenai kemungkinan The Fed akan membatalkan kenaikan suku bunga. Spekulasi ini mendapatkan momentum dari komentar-komentar dovish dan sikap netral para pejabat, yang berkontribusi pada lanskap ekonomi yang bernuansa.
  • Gubernur The Fed Christopher Waller menganjurkan pendekatan yang waspada terhadap perkembangan suku bunga, menunjukkan bahwa pengetatan di pasar keuangan "akan membantu kami." Di sisi lain, Gubernur The Fed Michelle Bowman cendrung mendukung kenaikan suku bunga, mengutip inflasi yang bertahan di atas target The Fed sebesar 2%.
  • Rilis Indeks Harga Konsumen (IHK) pada hari Kamis menghasilkan antisipasi yang lebih tinggi. Proyeksi menunjukkan penurunan pada tingkat tahunan untuk bulan September, turun dari 3,7% ke 3,6%. Laporan Klaim Tunjangan Pengangguran mingguan menyusul dan dapat memberikan wawasan lebih lanjut terkait lanskap ekonomi.

Analisis Teknis: Dolar Australia Berkonsolidasi di Dekat 0,6420, Resistance Terdekat di Fibonacci Retracement 23,6%

Dolar Australia berada di sekitar 0,6420, sejajar dengan level Fibonacci retracement 23,6% di 0,6429. Level ini merupakan rintangan yang signifikan, dan penembusan yang jelas dapat membuka jalan bagi momentum kenaikan, dengan tujuan tonggak psikologis 0,6500. Sebaliknya, pada sisi negatifnya, level support kunci terletak di sekitar Exponential Moving Average (EMA) 14-hari di 0,6400. Level-level yang digambarkan ini berfungsi sebagai indikator penting untuk potensi pergeseran dalam lintasan pasangan AUD/USD, yang mempengaruhi sentimen pasar dan keputusan para pedagang.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Pulih dari Pelemahan Baru-Baru Ini karena Kenaikan Ekspektasi Konsumen

Harga Dolar Australia Hari Ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terkuat terhadap Yen Jepang.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   0.02% 0.02% -0.02% 0.05% 0.11% 0.07% -0.03%
EUR -0.02%   0.00% -0.04% 0.03% 0.09% 0.05% -0.05%
GBP -0.02% 0.00%   -0.05% 0.04% 0.08% 0.05% -0.06%
CAD 0.03% 0.04% 0.03%   0.03% 0.13% 0.10% -0.01%
AUD -0.03% -0.01% -0.01% -0.07%   0.06% 0.03% -0.05%
JPY -0.11% -0.09% -0.10% -0.13% -0.09%   -0.03% -0.13%
NZD -0.07% -0.04% -0.07% -0.10% -0.06% 0.03%   -0.10%
CHF 0.04% 0.07% 0.06% 0.01% 0.08% 0.14% 0.11%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (acuan).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.