Note

Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi

· Views 54
Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi
Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) merayakan ulang tahunnya yang ke-9 dengan mengusung tagline Strength in Unity.

Lewat perayaan tersebut, WSBP menegaskan komitmennya untuk membangun dan bergerak bersama seluruh stakeholder dan shareholder demi perwujudan industri beton precast terintegrasi yang berkelanjutan.

Baca Juga:
Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi WSBP Pastikan Suplai Girder dan Readymix Siap untuk PSN Jakarta-Cikampek II Selatan 

Perayaan ulang tahun ke-9 dilaksanakan dengan sederhana dan khidmat di Equipment Workshop WSBP yang terletak di Cikopo, Jawa Barat, dengan dihadiri oleh jajaran manajemen WSBP, President Director PT Waskita Karya Tbk (WSKT) Mursyid, President/Independent Commissioner WSBP Agus Budiman Manalu, perwakilan Direksi Anak Usaha Waskita Group, dan para mitra kerja WSBP.

Menurut President Director WSBP, FX Poerbayu Ratsunu, momen ini menjadi bagian dari perjalanan WSBP dalam menumbuhkan semangat bertransformasi dan optimisme untuk mewujudkan perusahaan yang semakin kokoh dan berkinerja baik. Bertepatan pada usia sembilan tahun, WSBP juga siap bertransformasi digital melalui peluncuran aplikasi E-Office.

Baca Juga:
Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi WSBP Selesaikan Suplai Produk untuk Proyek Kuala Tanjung-Indrapura Seksi 2

"Ini merupakan sistem baru untuk tata persuratan di WSBP, di mana dengan adanya EOffice menciptakan sistem kearsipan yang baik, proses pembuatan hingga persetujuan menjadi lebih cepat, dan efisiensi penggunaan kertas yang berdampak positif pada lingkungan," ujar Poerbayu, dalam keterangan resminya.

Tidak hanya itu, menurut Poerbayu, WSBP juga membangun ekosistem digital pada HCM Sharepoint, yaitu portal yang berisikan informasi terkait kebijakan kepegawaian serta sebagai kanal bagi seluruh Insan WSBP untuk berinteraksi, bertanya langsung, ataupun memberi masukan terkait isu
kepegawaian.

Baca Juga:
Rayakan Ultah, WSBP Bertransformasi Digital dan Perkokoh Kolaborasi WSBP Bayar CFADS Tahap Kedua kepada Seluruh Kreditur 

Di dalam HCM Sharepoint terdapat Prosedur HCM, Kebijakan & Sosialisasi HCM, FAQ, HCM Services Apps, Dashboard HCM, HCM News, dan HCM Events.

"Dengan HCM Sharepoint ini, harapannya dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dari Insan WSBP sehingga dapat terus berkontribusi dan meningkatkan produktivitas kerja di lingkungan perusahaan," tutur Poerbayu.

Poerbayu menjelaskan, berbagai pencapaian telah didapat oleh WSBP dalam perjalanannya hingga sembilan tahun. Tahun ini, misalnya, WSBP berhasil melaksanakan komitmennya untuk memenuhi kewajiban kepada para kreditur sesuai dengan hasil Perjanjian Perdamaian.

"Ini membuktikan bahwa kondisi keuangan WSBP paska restrukturisasi dalam keadaan yang lebih sehat," ungkap Poerbayu.

Pada 25 September 2023 lalu WSBP telah melaksanakan kewajiban pembayaran tahap kedua kepada seluruh kreditur melalui cash flow available for debt service (CFADS) tepat 6 bulan setelah pembayaran CFADS tahap pertama pada bulan Maret lalu.

"Kami telah melakukan pembayaran kepada kreditur dengan nilai total Rp 76,97 miliar," papar Poerbayu.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, WSBP telah melakukan pembayaran CFADS tahap pertama pada Maret 2023 sebesar Rp75,4 miliar. Untuk pembayaran CFADS tahap selanjutnya akan dilakukan pada 6 bulan selanjutnya tepatnya 25 Maret 2024.

"Ini komitmen kami terhadap para kreditur," tegas Poerbayu.

Guna mendukung komitmen tersebut, WSBP mengimplementasikan program transformasi bisnis yang berorientasi pada Operational Excellence melalui optimalisasi produksi pada beberapa plant precast terbesar milik WSBP, memaksimalkan suplai material dari 2 quarry yang dimiliki, serta meningkatkan produktifitas batching plant untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Keberhasilan restrukturisasi keuangan dan berbagai proyek infrastruktur yang disuplai dan dikerjakan oleh WSBP ini tidak terlepas dari dukungan para mitra kerja sebagai stakeholder mulai dari industri hulu hingga hilir.

"Sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada para mitra, WSBP mempersembahkan apresiasi kepada mitra stakeholder yang telah mendukung pembangunan nasional dan WSBP khususnya, untuk terus tumbuh berkembang bersama. Ini merupakan inisiasi yang baik untuk dilanjutkan estafetnya nantinya," tandas Poerbayu.

Para mitra yang maju sebagai pemenang tersebut dipilih berdasarkan parameter pada aspek kerjasama dan kinerja selama 9 tahun ke belakang, antara lain PT Multi Welindo (Vendor Supply Collaboration), PT Jaya Makmur Eka Lestari (Vendor Unggul), PT Kimia Konstruksi Indonesia (Vendor Multi Nasional), CV Cahaya Teknik (Vendor Lokal Unggul), dan PT Tirta dan Mitra Pertiwi (Vendor Best Commitment).

Harapannya, apresiasi ini menjadi pondasi untuk dapat membentuk hubungan kerjasama dan menjadi mitra kolaborasi strategis perusahaan yang semakin baik ke depannya.

Berangkat dari sebuah Divisi Precast PT Waskita Karya Tbk pada 2013, WSBP terus bertumbuh. Kesuksesan ini tidak lepas dari sumber daya yang mumpuni yang dimiliki baik plant, batching plant, quarry, serta workshop yang tersebar di wilayah Indonesia.

Selain itu SDM yang kompeten, inovasi produk, serta teknologi yang digunakan saat ini juga menjadi faktor utama perusahaan dalam mencapai berbagai target perusahaan termasuk nilai kontrak baru di tahun ini dengan perolehan kontrak-kontrak proyek yang sehat secara finansial.

Ke depannya, WSBP optimis dan menargetkan kinerja perusahaan akan terus meningkat di 2023 serta di tahun-tahun selanjutnya, di antaranya menargetkan pertumbuhan nilai kontrak baru dan pendapatan usaha secara berkelanjutan. WSBP pun senantiasa melaksanakan program kerja
strategis untuk memperkuat fundamental keuangan dengan diiringi penerapan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko yang baik. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.