Note

Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas

· Views 49
Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas
Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas (foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (10/10/2023), dominan bergerak di zona hijau, meski jelang penutupan sesi dua penguatan lebih ke arah terbatas.

Menurut Financial Educator dan Technical analyst Sucor Sekuritas, Philip Jeremy, dari pergerakan teknikal ada area support di level 6.850 yang disentuh pada candle panjang pada Rabu (4/10/2023) lalu.

Baca Juga:
Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas IHSG Ditutup Menguat ke 6.922, Enam Sektor Jadi Penopang 

"Dari situ sudah keliatan akan ada potensi momentum rebound. Nah hari ini terjadi rebound, meski tidak berhasil ditutup di atas area 6.950. Kita perhatikan memang targetnya bukan di 6.950, namun di 6.964 sampai 6.965," ujar Philip, dalam IDX 2nd Session Closing Market, Selasa(10/10/2023).

Menurut Philip, area 6.965 merupakan area resisten yang sudah ditetapkan oleh IHSG, jika lebih bagus di atas 6.970.

Baca Juga:
Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas IHSG Sesi I Ditutup Naik 0,71 Persen ke Level 6.940

"Jadi selama kita masih melihat di bawah 6.970, kita perhatikan kemungkinan pergerakannya masih akan cukup terbatas," tutur Philip.

Meski hari ini sudah terlihat pola potensi pembalikan arah, Philip menjelaskan, kemungkinan area yang dituju pertama adalah closed pada area 6.970.

Baca Juga:
Dikepung Banyak Sentimen, Pergerakan IHSG Cenderung Terbatas IHSG Dibuka Semringah di 6.897, Lovina Beach Brewery (STRK) Pimpin Top Gainers

Berdasarkan faktor di atas, ada beberapa yang menjadi mixed signal untuk IHSG. Masalah politik geothermal jika diperhatikan ada sentimen bagus untuk saham sektor komoditas.

"Hari ini beberapa saham komoditas melonjak naik. Penyebabnya adalah tadi, karena adanya perang di Israel. (Sentimen) Itu akan (berpengaruh), khususnya (ke) harga minyak, yang akan naik. Dan itu akan menjadi pendorong IHSG," ungkap Philip.

Namun, Philip mengingatkan bahwa investor juga perlu memperhatikan posisi IHSG yang sangat bergantung pada inflasi dan suku bunga Amerika Serikat.

Dengan demikian, pergerakan IHSG menurut Philip akan cukup terbatas. Sedangkan untuk tren bulan September menuju Oktober, akan naik tipis menuju di atas 7.000. Meski kemudian akan kembali terkoreksi ke area support 6.850.

Dengan kondisi demikian, Philip menilai ada sejumlah saham yang layak masuk dalam rekomendasi. Deretan saham itu, di antaranya, adalah PTPP dengan rentang target harga 650 sampai 950, dengan rekomendasi beli (buy).

Lalu saham PGAS dengan target harga 1330 sampai 1540, dengan rekomendasi beli, dan SMRA di rentang 550 hingga 680, dengan rekomendasi beli. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.