Note

Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Ditutup Melemah Jadi Rp15.738 per Dolar AS

· Views 41
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali ditutup melemah pada perdagangan, Selasa (10/10/2023). Rupiah turun 46 poin ke level Rp15.738 dari Rp15.692. (Foto: Ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (Dolar AS) kembali ditutup melemah pada perdagangan, Selasa (10/10/2023). Rupiah turun 46 poin ke level Rp15.738 dari penutupan sebelumnya di Rp15.692.

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi menjelaskan, dolar AS menguat didukung oleh status safe-haven seiring berlanjutnya kekerasan di Timur Tengah. Namun, kenaikannya terbatas setelah komentar dovish dari beberapa pejabat The Fed.

"Namun, kenaikan dolar terbatas setelah beberapa pejabat Fed mengindikasikan bahwa aksi jual obligasi baru-baru ini mungkin mengurangi kebutuhan untuk kenaikan suku bunga lebih lanjut," tulis Ibrahim dalam risetnya, Selasa (10/10/2023).

Adapun, militer Israel pada Selasa pagi mengumumkan bahwa lebih dari 200 sasaran diserang semalam di Gaza ketika negara itu menanggapi serangan akhir pekan yang dilakukan oleh kelompok Palestina Hamas.

Para pelaku pasar bersiap menghadapi konflik berkepanjangan, yang telah menewaskan lebih dari 1.500 orang, dan Israel kemungkinan akan melancarkan serangan darat pertamanya di Gaza sejak tahun 2014.  

Ada sejumlah pejabat Fed yang akan menyampaikan pidato pada Selasa malam, menjelang rilis risalah pertemuan kebijakan moneter September pada hari Rabu dan kemudian data CPI AS pada hari Kamis.

Angka ini diperkirakan akan menunjukkan penurunan tahunan sebesar 5,0 persen, penurunan dari penurunan bulan sebelumnya sebesar 2,1 persen, sebuah indikasi kesulitan yang dialami kawasan ini sehari setelah rilis data serupa di Jerman menambah kekhawatiran akan potensi resesi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.