Note

Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka

· Views 55
Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka
Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Mungkin banyak investor yang belum mengetahui sejarah dan profil UNVR atau Unilever Indonesia.

Unilever Indonesia, dengan kode saham UNVR, adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di berbagai sektor bisnis. Banyak produk-produk rumah tangga di Indonesia yang berada di bawah naungan Unilever.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka Inilah Sejarah dan Profil GGRM, Salah Satu Perusahaan Rokok Terbesar di Indonesia

Sejarah UNVR

Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka

Unilever Indonesia memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1933 ketika Lever Zeepfabrieken N.V (sekarang Unilever) pertama kali mendirikan pabrik di Jakarta. Perusahaan ini tumbuh pesat seiring dengan perkembangan ekonomi Indonesia.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka Sejarah dan Profil JARR, Perusahaan Sawit Milik Haji Isam

Pada Juli 1990, Lever Zeepfabrieken N.V merubah namanya menjadi PT Lever Brothers Indonesia sebelum akhirnya resmi menjadi PT Unilever pada Juni 1997.

Salah satu tonggak sejarah UNVR adalah ketika perusahaan ini menjadi perusahaan publik pada tahun 1981 dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya (saat ini menjadi Bursa Efek Indonesia). Langkah ini mengukuhkan posisi UNVR sebagai salah satu emiten terkemuka di pasar saham Indonesia.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil UNVR, Salah Satu Perusahaan Multinasional Terkemuka Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif

Pada Januari 1982, UNVR melantai di Bursa Efek Indonesia dengan melepas saham penawaran sebanyak 9.200.000 lembar dengan harga penawaran senilai Rp3.175 per lembar. Melalui IPO-nya, UNVR berhasil mendapatkan pendanaan senilai Rp29.210.000.000.

Profil UNVR

Setelah mengetahui sejarah UNVR, lalu bagaimana dengan profilnya? Perusahaan Unilever Indonesia diketahui memiliki beberapa anak perusahaan, meliputi:

  1. PT Anugrah Lever
  2. PT Technopia Lever
  3. PT Knorr Indonesia
  4. PT Sara Lee Body Care Indonesia Tbk

Ada banyak sekali produk-produk yang diproduksi di bawah naungan Unilever Indonesia, seperti AXE, Molto, Dove, Super Pell, Pepsodent, Wipol, dan lain-lain. 

Kantor pusat Unilever Indonesia sendiri berada di Grha Unilever, Green Office Park Kav. 3, Jl. BSD Boulevard Barat, BSD City, Tangerang, Banten. Berikut adalah beberapa jajaran Komisaris dan juga Direksi dari PT Unilever Indonesia Tbk: 

  1. Presiden Komisaris: Sanjiv Mehta
  2. Komisaris Independen: Fauzi Ichsan, Ignatius Jonan, Debora Herawati Sadrach, Alissa Wahid, Alexander Steven Rusli
  3. Presiden Direktur: Ira Noviarti
  4. Direktur: Antonius Shiv Sahgal, Vivek Agarwal, Sandeep Kohli, Willy Saelan, Nurdiana B. Darus, Hernie Raharja, Enny Hartati Sampurno, Anindya Garini Hira Murti Triadi, Amaryllis Esti Wijono, Ainul Yaqin
  5. Komite Audit: Nita Skolastika Ruslim, Aria Farah Mita

Itulah sedikit informasi mengenai sejarah dan profil UNVR yang penting untuk diketahui oleh para investor. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.