Note

Deretan Perusahaan yang Ternyata Milik Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-4 RI

· Views 37
Deretan Perusahaan yang Ternyata Milik Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-4 RI
Deretan Perusahaan yang Ternyata Milik Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-4 RI. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Perusahaan yang ternyata milik Prajogo Pangestu tengah menarik perhatian banyak orang usai salah satu sahamnya melantai di BEI hari ini, Senin (9/10/2023). 

Emiten tersebut adalah Barito Renewables Energy Tbk yang listing dengan kode BREN. Emiten yang bergerak di bidang energi hijau ini ditawarkan dengan harga Rp780 per saham dan jumlah nilai Penawaran Umum keseluruhan mencapai Rp3.131.700.000.000.

Baca Juga:
Deretan Perusahaan yang Ternyata Milik Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-4 RI Beda Nasib Duo Debutan, Saham BREN Prajogo ARA, PTPS ARB

Dalam debut perdananya, saham BREN langsung melejit ke angka Rp975 per saham atau naik 25% dari harga penawaran. Selain BREN, Prajogo Pangestu juga diketahui memiliki sejumlah perusahaan lain yang menjadi sumber kekayaannya. 

Berikut ini IDXChannel mengulas daftar perusahaan yang ternyata milik Prajogo Pangestu hingga ia berhasil menjadi orang terkaya ke-4 di Indonesia. 

Baca Juga:
Deretan Perusahaan yang Ternyata Milik Prajogo Pangestu, Orang Terkaya ke-4 RI Debut, Saham BREN Prajogo Langsung ARA 25 Persen, Antrean Beli Rp729 M

Daftar Perusahaan Milik Prajogo Pangestu

Prajogo Pangestu dianggap sebagai salah satu taipan yang memulai kariernya dari bawah. Putra pedagang karet ini kini berhasil menjadi konglomerat RI berharta USD9,5 miliar atau setara dengan Rp148 triliun berdasarkan data Real Time Billionaires Forbes hari ini, Senin (9/10/2023). Kekayaan tersebut diperolehnya dari sederet perusahaan miliknya. Berikut beberapa perusahaan yang ternyata milik Prajogo Pangestu. 

1. Barito Pacific Timber (BRPT)

PT Barito Pacific Tbk (BRPT) merupakan perusahaan Prajogo Pangestu yang bergerak di bidang pertambangan, perkebunan, kehutanan, industri, properti, perdagangan, energi terbarukan, hingga transportasi. Perusahaan Perusahaan ini memulai operasi komersialnya pada tahun 1983 dan melakukan go public pada 1993. 

Perusahaan ini berganti nama menjadi Barito Pacific usai mengurangi bisnis kayunya pada 2007 silam. Di tahun yang sama, Barito Pacific juga berhasil mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia BEI.

2. Chandra Asri Petrochemical (TPIA)

Prajogo Pangestu melakukan ekspansi bisnis dengan mendirikan Chandra PT Asri Petrochemical Center Center dan PT Tri Polyta Indonesia Tbk. Pada 2011, Chandra Asri Petrochemical Center melakukan merger dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. 

3. Petrindo Jaya Kreasi (CUAN)

Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) merupakan perusahaan yang didirikan pada 04 Agustus 2008. Perusahaan ini memulai kegiatan komersialnya pada 2012. Prajogo Pangestu tercatat menjadi pemegang saham dengan kepemilikan 5% atau lebih dari saham Petrindo Jaya Kreasi Tbk dengan persentase kepemilikan sebesar 84,97%. Perusahaan ini memiliki ruang lingkup kegiatan di bidang aktivitas perusahaan holding dengan melakukan investasi pada sejumlah kegiatan usaha antara lain pertambangan batu bara, pertambangan emas dan perak, hingga produksi batu bara. 

4. Barito Renewables Energy (BREN)

Perusahaan milik Prajogo Pangestu berikutnya adalah PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN). Perusahaan ini merupakan bagian dari Grup Barito Pacific. Barito Renewables berfokus pada strategi jangka panjang yang menyediakan energi bersih dan emisi yang lebih rendah untuk mendukung target Indonesia transisi menuju Net Zero Emission (NZE). Perusahaan milik Prajogo Pangestu ini baru saja melantai di BEI hari ini, Senin (9/10). 

Itulah sederet perusahaan yang ternyata milik Prajogo Pangestu yang membuatnya menjadi orang terkaya ke-4 di Indonesia. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.