Note

EUR/USD. Pratinjau minggu ini. Inflasi AS dan

· Views 49

Minggu trading mendatang akan sangat penting bagi para trader pasangan dolar. Pada akhirnya, dolar AS akan melanjutkan kenaikannya atau semakin melemah.

EUR/USD. Pratinjau minggu ini. Inflasi AS dan

Ringkasnya, minggu lalu pasangan EUR/USD mencoba menetap di level 1,04, namun gagal. Harga penutupan praktis bertepatan dengan harga pembukaan (1.0586; 1.0570). Laporan pasar tenaga kerja AS berperan dalam melemahkan dolar, mencerminkan penurunan indikator inflasi (pertumbuhan upah rata-rata sebesar 4,2%, tingkat terendah sejak Agustus 2021).

Indikator pertumbuhan upah menjadi indikator inflasi lain yang tidak mendukung greenback. Sebelumnya (akhir September), diterbitkan indeks inti PCE yang juga menunjukkan tren turun (turun menjadi 3,9%). Akibatnya, kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan November turun menjadi 27% (menurut CME FedWatch Tool). Dolar AS bereaksi sesuai dengan hal tersebut: pada akhir trading pada hari Jumat, Indeks Dolar AS turun ke 105,78 (sementara tertinggi mingguan berada di 107,04). Rilis data penting pada minggu mendatang akan menentukan arah dolar dalam jangka menengah, karena rilis tersebut pada akhirnya akan menentukan nasib pertemuan FOMC di bulan November.

Jadi, beberapa hari ke depan akan "di bawah tanda inflasi AS". Indeks Harga Konsumen bulan September, Indeks Harga Produsen, Indeks Harga Impor, dan Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan akan dipublikasikan. Selain itu, minggu depan akan dirilis risalah pertemuan FOMC bulan September, yang juga dapat memicu beberapa volatilitas pada pasangan EUR/USD.

Tapi mari kita kembali ke inflasi. Pada hari Rabu, 11 Oktober, kita akan mempelajari Indeks Harga Produsen bulan September. Selama setahun terakhir, indeks telah menurun secara aktif: pada bulan Juni 2022, berada pada angka 11,3% YoY, namun pada bulan Juni 2023, berada pada angka 0,2%. Namun, indeks kemudian berbalik dan mulai naik lagi (meningkat menjadi 0,8% di bulan Juli dan 1,6% di bulan Agustus). Pada bulan September, indikator ini diperkirakan akan tetap berada pada level bulan Agustus, yaitu sebesar 1,6% YoY.

Namun, fokus utama adalah pada rilis penting minggu ini: Indeks Harga Konsumen (CPI), yang dijadwalkan pada hari Kamis, 12 Oktober. Ringkasnya, CPI secara keseluruhan berada dalam tren menurun sejak bulan Juni tahun sebelumnya, mencapai 3,0% di bulan Juni. Namun, angka tersebut mulai meningkat lagi, mencapai 3,2% YoY di bulan Juli dan 3,7% di bulan Agustus. Menurut perkiraan sebagian besar ahli, pada bulan September, CPI keseluruhan diperkirakan sedikit turun menjadi 3,6% YoY. Jika, berlawanan dengan ekspektasi, indeks kembali meningkat, dolar akan mendapat dukungan signifikan, menandakan tren menguat. Namun, perkiraan saat ini menunjukkan hal sebaliknya.

Indeks Harga Konsumen inti, yang tidak termasuk harga pangan dan energi, juga diperkirakan akan menunjukkan tren menurun. Tren ini telah terjadi, dengan indikator yang terus menurun selama lima bulan terakhir. September diperkirakan akan menjadi bulan keenam berturut-turut yang mengalami penurunan, dengan CPI inti diproyeksikan mencapai 4,1% YoY (nilai terendah sejak Oktober 2021).

Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober, kita akan mempelajari dinamika Indeks Harga Impor dan Indeks Sentimen Konsumen dari University of Michigan. Kedua indikator tersebut diperkirakan menunjukkan tren penurunan. Secara khusus, Indeks Harga Impor pada bulan September diperkirakan turun menjadi -3,1% YoY, sedangkan Indeks Sentimen Konsumen diperkirakan turun menjadi 67,5 poin, menandai penurunan tiga bulan berturut-turut.

Kesimpulannya, jika perkiraan awal benar, laporan inflasi tidak akan mendukung dolar AS. Bahkan apabila laporan memenuhi level yang diharapkan, apalagi masuk ke zona merah, peluang kenaikan suku bunga Federal Reserve pada pertemuan November akan berkurang hampir nol. Akibatnya, dolar akan berada di bawah tekanan di tengah berkurangnya ekspektasi hawkish.

Risalah pertemuan The Fed bulan September (Rabu, 11 Oktober) mungkin memberikan beberapa dukungan untuk greenback, meskipun bersifat sementara. Sebagai pengingat, setelah pertemuan Fed terakhir, pejabat bank sentral memperbarui dot plot mereka, menunjukkan bahwa 12 dari 19 anggota komite memperkirakan kenaikan suku bunga tambahan pada akhir tahun ini. Namun, mari kita ingat kembali kata-kata Ketua Fed Jerome Powell tentang bank sentral AS yang bertindak "sangat hati-hati" dan mempertimbangkan situasi ekonomi saat ini. Oleh karena itu, rilis berita acara yang bersifat hawkish kemungkinan tidak akan memperkuat posisi dolar jika laporan tersebut memenuhi atau melampaui ekspektasi.

Ketika mempertimbangkan prospek naik atau turunnya dolar AS, kejadian baru-baru ini di Israel tidak dapat diabaikan. Peristiwa ini dapat memicu lonjakan sentimen penghindaran risiko di pasar keuangan, yang secara tidak langsung berdampak pada posisi dolar. Sulit untuk memprediksi jalannya peristiwa di Timur Tengah. Terlepas dari apa yang terjadi secara spesifik, kita dapat mengantisipasi kemungkinan reaksi di pasar minyak: harga minyak mentah mungkin akan mulai naik lagi.

Pada gilirannya, permintaan dolar akan meningkat tidak hanya sebagai aset safe-haven, namun kekhawatiran terhadap percepatan inflasi di AS di tengah kenaikan harga minyak akan mendorong greenback lebih tinggi, termasuk terhadap euro. Dengan kata lain, Israel mungkin memainkan peran "angsa hitam" bagi para trader pasar mata uang. Faktor-faktor fundamental klasik, termasuk laporan inflasi, mungkin tidak dikesampingkan, karena semua perhatian terfokus pada peristiwa-peristiwa di Timur Tengah.

Mengingat keadaan ini, masih terlalu dini untuk menghapuskan dolar, bahkan dengan perkiraan yang relatif lemah mengenai pertumbuhan inflasi AS. Situasinya masih tidak dapat diprediksi (aliran berita berubah dengan cepat), jadi mungkin lebih bijaksana untuk mengambil pendekatan menunggu dan melihat pada pasangan EUR/USD untuk saat ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.