Note

Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif

· Views 44
Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif
Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Sejarah dan profil AKRA sebagai salah satu saham emiten migas yang konsisten melantai di Bursa Efek Indonesia menarik untuk disimak. AKR Corporindo Tbk telah lama berkecimpung di sektor perdagangan, pelayanan, dan penanaman modal. 

Adapun sub sektornya yaitu pendistribusian barang tahan lama dan tidak tahan lama atau Wholesale, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar kimia, pelumas, dan logistik. AKR Corporindo dan anak usahanya diketahui membukukan laba bersih sebesar Rp427,97 miliar pada kuartal I 2022.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif Serok 2,76 Juta Saham AKRA, Pendiri AKR Corporindo Pertebal Kepemilikan

Kinerja ini meningkat 40,27% dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Pendapatan emiten produk minyak bumi mencapai Rp10,7 triliun, meningkat 99,23% dibandingkan pendapatan kuartalan tahun sebelumya. Pendapatan sewa perusahaan ini mencapai Rp62,72 miliar dari Rp 56,16 miliar.

Dilansir dari berbagai sumber pada Senin (9/10/2023), IDX Channel telah merangkum sejarah dan profil AKRA, sebagai berikut.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif Analisis Saham Pilihan: ESSA, BBCA Hingga AKRA

Sejarah AKRA

AKR Corporindo Tbk atau disingkat sebagai AKRA didirikan pada tanggal 28 November 1977 di Surabaya. Perusahaan ini telah memulai sejarahnya sebagai kegiatan bisnis perdagangan kimia dasar pada 1960 oleh Soegiarto Adikoesoemo. Diberi nama PT Aneka Kimia Raya, perusahaan tersebut sudah memulai kegiatan usaha komersialnya pada Juni 1978.

AKRA membuat tangki penyimpanan kimia dasar beserta gudang di beberapa pelabuhan Indonesia pada 1980. Kemudian, perusahaan ini resmi menguasai Bursa Efek Indonesia pada 3 Oktober 1994. Perusahaan ini semakin mengepakkan sayapnya dengan mengubah namanya menjadi seperti sekarang yaitu AKR Corporindo dan tidak hanya berbisnis di bidang perdagangan bahan kimia pada 23 September 2004.

Baca Juga:
Sejarah dan Profil AKRA, Emiten Minyak dan Gas Bumi yang Progresif Momen Keakraban Jokowi Sarapan Bareng Menteri, Sebelum Tinjau Kawasan IKN

Profil AKRA

AKR Corporindo Tbk bergerak dalam bidang distribusi produk BBM ke pasar industri, distribusi dan perdagangan bahan kimia (seperti caustic soda, sodium sulfat, PVC resin dan soda ash) yang digunakan oleh berbagai industri di Indonesia sesuai dengan perjanjian distribusi dengan produsen asing dan lokal, penyewaan gudang, kendaraan angkutan, tangki dan jasa logistik lainnya.

Pada bulan September 1994, AKRA memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham AKRA (IPO) kepada masyarakat sebanyak 15.000.000 dengan nilai nominal Rp1.000,- per saham dengan harga penawaran Rp4.000,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 03 Oktober 1994.

Sayap AKRA semakin terbuka lebar ditandai dengan mengakuisisi sebagian besar saham pabrik sorbitol yang dimiliki oleh Khalista dan Sorini. Kemudian, perusahaan ini berhasil ditetapkan sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang mendistribusikan Bahan Bakar Minyak (BBM) non-subsidi di Indonesia tepatnya pada tahun 2005.

AKRA terus mencetak sejarahnya dengan mengakuisisi beberapa pelabungan sungai di Tiongkok di tahun 2006. Perusahaan ini membeli kapal pengangkut BBM pertamanya yaitu SPOB AKRA-10. Di tahun 2010, perusahaan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan swasta nasional pertama yang memperdagangkan BBM bersubsidi di Indonesia.

Disebut sebagai pertama yang mendistribusikan BBM bersubsidi di Indonesia, karena perusahaan ini mengoperasikan SPBKB arau Stasiun Pengisian BBM Kendaraan Bermotor serta SPBN atau Stasiun Pengisian BBM Nelayan. Berlanjut pada bulan April 2010, perusahaan ini mulai mengoperasikan fase 1 dari terminal tangki BBM.

Itulah informasi terkait sejarah dan profil AKRA yang bisa Anda simak, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu terus update berita terkini Anda seputar bisnis dan ekonomi hanya di IDX Channel.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.