Note

Pupuk Indonesia Libatkan 18 UMKM Binaan Perluas Pasar di Inacraft 2023

· Views 65

Pasardana.id - Untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Binaan dalam mempromosi produk serta memperluas akses penjualan, PT Pupuk Indonesia (Persero) kembali terlibat dalam gelaran acara The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang berlangsung di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) yang mulai 4-8 Oktober 2023.

Dalam keterangannya yang ditulis pada Senin (9/10), SVP Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia, Rika Susanty mengatakan, bahwa terdapat 18 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup yang mengikuti pameran Inacraft 2023.

Seluruh UMKM ini merupakan binaan dari masing-masing anak perusahaan Pupuk Indonesia dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs). 

"Inacraft menjadi ajang untuk memperluas pasar bagi UMKM binaan serta menjadi sarana promosi, interaksi dan pertukaran informasi mengenai tren produk, khususnya mengenai industri kerajinan lokal,” ungkap Rika.

Sesuai arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Rika menyatakan bahwa Pupuk Indonesia akan terus mendukung mitra binaan UMKM untuk Go Digital dan Go Global.

Karena, UMKM merupakan sektor paling banyak menyerap tenaga kerja dan menjadi penyangga pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal ini sejalan dengan komitmen Perusahaan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi sesuai poin 8 pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) / Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

Sebanyak 18 UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup ini adalah Kaye Galery dan Putroena Souvenir yang merupakan binaan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM).

UMKM Ecoprint Aditya Jumputan dan Songket Harapan Baru yang merupakan binaan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (PSP). 

UMKM Batik Kurnia Cirebon dan Tenun Sutera Garut yang merupakan binaan PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC). UMKM Hamdan Batiek dan Batik Sari Kenongo yang merupakan binaan PT Petrokimia Gresik (PKG). 

Selanjutnya, UMKM Kurnia Songket Kalbar dan Sumarni Liong yang merupakan binaan PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT). UMKM Loji Craft yang merupakan binaan PT Rekayasa Industri (Rekind). 

Sementara sisanya, yaitu UMKM Lembayung Ethnic, Dzafira Indonesia, Selawase, Qtacraft Official, Jaroe Craft, 3C Craft, dan Etsy Beads merupakan binaan PIKA-PI Group. 

“Kami berharap produk-produk UMKM binaan Pupuk Indonesia Grup diminati oleh para pengunjung karena Inacraft ini merupakan pameran bertaraf internasional yang bertujuan untuk memfasilitasi produk kerajinan lokal agar dapat menjangkau pasar ekspor. Produk-produk UMKM Binaan yang kami hadirkan dalam Inacraft on October 2023 ini telah melalui tahapan kurasi mulai dari kualitas produk, kapasitas dan keberlanjutan produksi,” tambah Rika.

Pameran Inacraft tahun ini telah dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 Oktober 2023. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Indonesia ini berharap produk UMKM tanah air semakin banyak dikunjungi.

Dari tahun ke tahun, produk yang ditampilkan pada gelaran ini memiliki kualitas yang semakin baik dan banyak produk lokal yang sudah dikenal luas.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.