Note

Jelang Akhir Masa Jabatan, Jokowi Selesaikan Ratusan PSN Senilai Rp1.299 T

· Views 60

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah sudah menyelesaikan 170 Proyek Strategis Nasional (PSN).

Nilai proyek PSN yang sudah diresmikan ini Rp 1.299,41 triliun.

Menko Airlangga memaparkan, pada 2023 ada 17 proyek yang sudah diresmikan Jokowi dengan nilai Rp 259,41 triliun.

Beberapa di antaranya, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT Jabodebek, hingga beberapa tol.

"Kalau kita lihat di tahun 2023 ini sampai 4 Oktober ada 17 proyek yang nilainya Rp 259,41 triliun. Proyeknya jalan tol, pelabuhan, high speed train Jakarta Bandung ini juga sudah selesai nilainya Rp 125,7 triliun, kemudian LRT Jabodebek Rp 29,9 triliun, kemudian berbagai kawasan industri, berbagai bendungan, dan jalan tol Cinere-Jagorawi, Serpong-Cinere dan tol Pasuruan," papar Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (5/10).

Kata Airlangga, masih ada 16 proyek lagi yang akan diresmikan pada tahun ini dengan nilai Rp 179,46 triliun.

Tol di Sumatera, pelabuhan di Makassar, hingga proyek satelit multifungsi menjadi sederet proyek yang akan diresmikan Jokowi tahun ini.

"Ini termasuk beberapa bendungan, tol Kisaran-Tebing Tinggi, Pelabuhan Deli Kupang, Makassar New Port, berbagai bendungan, dan termasuk di Papua Barat juga sudah selesai LNG Train 3, dan proyek satelit multifungsi, proyek tangguh LNG juga sudah siap diresmikan," ungkap Airlangga.

Kemudian, pada 2024 dari awal tahun hingga Oktober, atau tepatnya masa jabatan akhir Jokowi akan diresmikan 25 proyek senilai Rp 151,58 triliun.

Kemudian, dari Oktober sampai Desember 2024 masih ada 12 proyek yang nilainya Rp 23,45 triliun yang akan diresmikan.

"Ada proyek jalan tol, kawasan industri, bandara, Benoa Tourism, dan juga berbagai kampus universitas islam," kata Airlangga.

Dia menambahkan, ada total 42 proyek strategis nasional yang penyelesaiannya setelah 2024 dengan nilai Rp 1.427,36 triliun. 

"Karena sifatnya proyek sudah berjalan, dan financial sudah closing tentunya ini akan berlanjut proyeknya sampai selesai," pungkas Airlangga.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.