Note

Analisis EUR/USD pada 5 Oktober 2023. Bulls melakukan upaya lain untuk mendapatkan kembali kendali.

· Views 44

Pada hari Rabu, pasangan EUR/USD berbalik arah dan mendukung mata uang Eropa dan berkonsolidasi di atas level 1,0489. Dengan demikian, tren naik mungkin berlanjut menuju level Fibonacci berikutnya di 161,8% di 1,0561. Lompatan dari level ini akan menguntungkan dolar AS dan mendorong penurunan menuju level 1,0489 dan di bawahnya. Penutupan di atas 1,0561 akan meningkatkan peluang melanjutkan pertumbuhan menuju level berikutnya di 1,0637.

Analisis EUR/USD pada 5 Oktober 2023. Bulls melakukan upaya lain untuk mendapatkan kembali kendali.

Sebelumnya, saya telah menyebutkan bahwa mungkin diperlukan waktu beberapa hari untuk menyelesaikan tren bearish. Kemarin, kita melihat gelombang naik yang muncul, yang sejauh ini tidak mempengaruhi gambaran keseluruhan. Kini, gelombang ini harus berlanjut setidaknya hingga level 1,0630 sehingga kita dapat menyatakan akhir dari tren bearish. Skenario kedua menyiratkan pembentukan gelombang ke bawah baru yang tidak akan mampu menembus titik terendah gelombang saat ini.

Latar belakang informasi kemarin beragam. Indeks aktivitas bisnis di sektor jasa Jerman dan UE cukup menggembirakan. Angka tersebut tidak menimbulkan euforia namun masih di atas ekspektasi para trader, yang memungkinkan mata uang Eropa sedikit pulih. Sementara itu, laporan penjualan ritel di Uni Eropa ternyata lebih lemah dari perkiraan, namun euro kini berada dalam kondisi oversold, sehingga laporan ini memiliki dampak yang lebih kecil. Secara umum, data dari UE sulit dikatakan menggembirakan. Ternyata menjadi sedikit lebih baik dari yang seharusnya. Euro menerima dukungan yang cukup kecil, dan tidak jelas apa yang akan mendorong pertumbuhannya saat ini. Penurunan baru pada pasangan ini tidak dikesampingkan. Terutama jika data nonfarm payrolls dan pengangguran AS menunjukkan nilai yang kuat pada akhir pekan.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Analisis EUR/USD pada 5 Oktober 2023. Bulls melakukan upaya lain untuk mendapatkan kembali kendali.

Pada grafik 4 jam, pasangan ini telah turun ke level retracement 127,2% di 1,0466. Lompatan dari level ini membuka jalan menuju garis atas pada channel tren menurun. Saya tidak mengantisipasi kenaikan euro yang lebih kuat sampai ada penutupan di atas channel ini. Jika pasangan ini menetap di bawah level 1,0466, akan menguntungkan mata uang AS dan memperpanjang penurunan menuju level koreksi berikutnya sebesar 161,8% di 1,0245.

Komitmen Trader (COT):

Analisis EUR/USD pada 5 Oktober 2023. Bulls melakukan upaya lain untuk mendapatkan kembali kendali.

Pada minggu pelaporan terakhir, spekulan membuka 4,092 kontrak long dan 7,674 kontrak short. Sentimen para pelaku pasar besar masih tetap bullish namun melemah secara signifikan dalam beberapa minggu dan bulan terakhir. Jumlah total kontrak long kini mencapai 21.000 dan kontrak short berjumlah 113.000. Perbedaannya hanya dua kali lipat, meski beberapa bulan lalu selisihnya tiga kali lipat. Saya pikir situasinya akan terus berubah dan menguntungkan bears seiring berjalannya waktu. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka memerlukan latar belakang informasi yang kuat untuk mempertahankan tren bullish. Tidak ada latar belakang seperti itu sekarang. Tingginya volume kontrak long yang terbuka menunjukkan bahwa trader profesional mungkin akan terus menutupnya dalam waktu dekat. Saya pikir nilai-nilai saat ini menunjukkan penurunan lebih lanjut pada euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Ekonomi untuk AS dan UE:

AS – Klaim Pengangguran Awal (12-30 UTC).

Pada tanggal 5 Oktober, kalender ekonomi memiliki satu entri yang tidak terlalu penting. Oleh karena itu, latar belakang informasi akan mempunyai pengaruh yang kecil atau tidak sama sekali terhadap sentimen pasar saat ini.

Perkiraan EUR/USD dan tips trading:

Ada kemungkinan untuk menjual pasangan ini hari ini setelah rebound dari level 1,0561 pada H1, dengan target di 1,0489 dan 1,0450. Sebelumnya, saya merekomendasikan pembelian setelah penutupan di atas 1,0489 pada H1 dengan target di 1,0561. Posisi ini dapat tetap terbuka untuk saat ini. Jika terjadi penutupan di atas 1,056, titik entri untuk posisi long akan berada di 1,0620.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.