Note

Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini

· Views 48
Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini
Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Nilai tukar (kurs) rupiah sore ini akhirnya ditutup menguat 16 poin ke level Rp15.618. Setelah sebelumnya sempat melemah di level Rp15.633. 

Pengamat pasar uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan indeks dolar melemah karena data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan gaji swasta AS meningkat jauh lebih kecil dari perkiraan pada September. Hal itu menunjukkan pasar tenaga kerja di negara tersebut sedang mendingin.  

Baca Juga:
Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini 4 Perusahaan dengan Harga Saham Termahal di Dunia, Capai Miliaran Rupiah per Lembar

"Hal ini menimbulkan keraguan bahwa Federal Reserve akan cenderung menaikkan suku bunga lagi tahun ini, sehingga mendorong imbal hasil Treasury AS turun dari level tertinggi dalam 16 tahun," tulis Ibrahim dalam risetnya, Kamis (5/10/2023). 

Dolar mendapat dukungan kuat baru-baru ini, didorong oleh data AS yang kuat tanpa henti, didukung oleh nada hawkish dari pertemuan Federal Reserve terakhir, yang menyarankan bank sentral AS akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi lebih lama. 

Baca Juga:
Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini Rupiah Ambruk, Dolar AS Tembus Rp15.630

Ekspor Jerman turun lebih besar dari perkiraan pada bulan Agustus, turun 1,2% dari bulan sebelumnya, data menunjukkan pada hari Kamis, karena lemahnya permintaan global merugikan ekspor negara tersebut. 

Data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan penjualan ritel zona euro turun 1,2% pada bulan Agustus, sementara Indeks Manajer Pembelian gabungan akhir menunjukkan bahwa perekonomian zona euro mungkin menyusut pada kuartal terakhir, membuat resesi pada paruh kedua tahun ini lebih mungkin terjadi.

Baca Juga:
Rupiah Akhirnya Menguat, Naik ke Rp15.618 Hari Ini Rupiah Lanjutkan Pelemahan ke Rp15.634, Ini Penyebabnya
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.