Note

BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik

· Views 49
BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik
BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) terus berupaya mengedepankan aspek keberlanjutan, sebagaimana telah menjadi tren di level global saat ini.

Upaya tersebut, di antaranya, dilakukan dengan menggandeng organisasi penilai risiko Environmental, Social, dan Government (ESG) independen, Morningstar Sustainalytics (Sustainalytics).

Baca Juga:
BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik 4 Daftar Saham Air Minum di BEI, Intip Kinerja Harganya Sejak Awal Tahun

Kerja sama dilakukan terkait proses penilaian aspek ESG yang hasilnya kemudian dilaporkan dalam Sustainalytics ESG Risk Report.

Dalam laporan tersebut, BEI sukses meraih peringkat kedua di antara bursa-bursa yang ada di kawasan Asia Pasifik, untuk periode 2022.

Baca Juga:
BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik Saham Melonjak, AHAP-DGNS Masuk Radar UMA BEI

Dalam Sustainalytics ESG Risk Report 2022 yang diterbitkan pada 12 September 2023, BEI mendapatkan skor 16,9, dan merupakan kategori risiko rendah (low risk).

Skor ini menunjukkan bahwa BEI menerapkan praktik keuangan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Baca Juga:
BEI Raih Peringkat Dua ESG Risk Rating Bursa se-Asia Pasifik BEI Buka Gembok Saham dan Waran Seri I Era Media Sejahtera (DOOH & DOOH-W)

"Skor dan peringkat prestisius ini menegaskan komitmen BEI dalam mengedepankan kelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang efektif di pasar modal Indonesia," ujar Direktur Utama BEI, Iman Rachman, dalam keterangan resminya, Rabu (4/10/2023).

Hal ini, menurut Iman, merupakan bukti dari upaya berkelanjutan BEI dalam menciptakan lingkungan yang bertanggung jawab dan kredibel bagi pelaku pasar.

Iman menjelaskan, penilaian diberikan setelah evaluasi komprehensif terhadap praktik dan kebijakan BEI di berbagai aspek ESG, dengan mempertimbangkan upaya mendorong transparansi dan praktik berkelanjutan di antara Perusahaan Tercatat, serta operasional internal.

BEI disebut Iman secara berkala telah meninjau sekaligus memperbarui kerangka tata kelolanya agar selaras dengan praktik internasional terbaik dan menerapkan standar yang ketat, memastikan transparansi, akuntabilitas, serta perlindungan kepentingan investor.

Berbagai upaya telah dilakukan BEI untuk turut menunjang pencapaian skor ESG dengan kategori low risk.

Upaya tersebut mencakup inisiatif penerbitan Laporan Keberlanjutan secara berkala sejak tahun 2018, penerapan praktik berkelanjutan di lingkungan perusahaan termasuk pengukuran emisi gas rumah kaca, melakukan edukasi kepada perusahaan tercatat terkait pengungkapan praktik keberlanjutan, menerbitkan indeks-indeks berbasis ESG, dan meluncurkan Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) pada 26 September 2023.

Secara global, BEI juga aktif terlibat dalam inisiatif ESG internasional, di antaranya menjadi anggota Sustainable Stock Exchanges (SSE) sejak tahun 2019, pendukung Task Force on Climate-related Financial Disclosures (TCFD) sejak tahun 2021, dan mengadvokasi kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan melalui kerja sama dengan UN Women, Indonesia Global Compact Network (IGCN), dan International Finance Corporation (IFC).

"Sebagai thought leaders dan first-movers dalam industri pasar modal di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik, BEI memahami pentingnya menciptakan lingkungan yang mendorong praktik bisnis yang beretika dan berkelanjutan," tutur Iman.

Pencapaian skor ESG ini, lanjut Iman, semakin memberikan motivasi bagi BEI untuk terus menjalankan upaya berkelanjutan dan bertanggung jawab.

"BEI terus bekerja sama dengan stakeholders, Perusahaan Tercatat, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meningkatkan praktik tata kelola ESG di pasar modal Indonesia," tegas Iman. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.