Note

BANYAK EMITEN BAGIKAN DIVIDEN INTERIM, APA SIH ITU?

· Views 105
BANYAK EMITEN BAGIKAN DIVIDEN INTERIM, APA SIH ITU?

Berbicara tentang keuntungan dalam trading atau investasi saham, pasti Anda sudah tahu dan familiar dengan istilah dividen. Namun faktanya tidak semua trader atau investor saham sudah mengerti tentang jenis dividen.

Dividen sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu dividen interim dan dividen final. Namun dalam artikel ini saya hanya akan membahas tentang dividen interim secara mendetail.

Apa itu Dividen Interim? 
 

BANYAK EMITEN BAGIKAN DIVIDEN INTERIM, APA SIH ITU?


Dividen interim adalah jenis dividen yang dibagikan oleh sebuah perusahaan sebelum RUPS (Rapat Umum Pemilik Saham) memutuskan hasil laba tahunan, dengan segala ketentuan yang diatur dalam anggaran dasar perseroan.

Pembayaran dividen ini biasanya dilakukan secara bertahap, contohnya setiap 6 bulanan selama 1 tahun. Dividen interim berasal dari keuntungan perusahaan yang sifatnya sementara dan diberikan melalui kesepakatan antara direksi serta dewan komisaris.

Karena pembagian dividen interim dilakukan sebelum tutup buku di akhir tahun, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan yang melakukan ini, sudah mendapatkan keuntungan besar di kuartal awal.

Mekanisme Pembagian Dividen Interim 

BANYAK EMITEN BAGIKAN DIVIDEN INTERIM, APA SIH ITU?


Syarat pembagian dividen interim biasanya ditentukan oleh perusahaan yang sudah tertuang dalam Anggaran Dasar dan Peraturan Peseroan.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang umumnya diperlukan untuk membagikan dividen interim:
 

  1. Disetujui oleh Direksi dan Dewan Komisaris 
    Dividen interim baru bisa dibagikan jika anggarannya sudah disetujui oleh direksi dan dewan komisaris yang bertanggung jawab dalam pengelolaan dana perusahaan.
  2. Punya Keuntungan yang Cukup 
    Kondisi perusahaan tidak boleh dalam keadaan membahayakan jika ingin membagikan dividen interim. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa perusahaan dalam keadaan sehat dengan menghasilkan laba yang cukup untuk keberlangsungan bisnis di masa depan.
  3. Tidak Merugikan Kepentingan Perusahaan dan Kepentingan Pemegang Saham 
    Dividen interim boleh dibagikan dengan syarat tidak boleh menyebabkan permodalan perusahaan menjadi terganggu yang bisa berakibat pada kerugian.
  4. Sesuai dengan Kebijakan Dividen dan Peraturan Perundang-Undangan 
    Segala jenis kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk memberikan kebahagiaan kepada para pemilik saham harus mengikuti semua aturan yang berlaku dalam undang-undang dan kebijakan pembagian dividen interim itu sendiri.


Selain dari syarat-syarat di atas, perusahaan harus memperhatikan kondisi keuangan sendiri secara menyeluruh sebelum dilakukan pembayaran dividen interim. Hal ini dilakukan guna mencegah masalah yang bisa datang di masa depan dan akan membahayakan bisnis secara keseluruhan.

Pembagian Dividen Interim Mencerminkan Kondisi Kesehatan Perusahaan 

Pembagian dividen interim menjadi cerminan yang baik dalam mengelola Perusahaan. Karena hal ini bisa menggambarkan perusahaan dalam keadaan sehat dan tidak “pelit” dalam membagikan keuntungannya. Selain itu, pembagian dividen ini juga menunjukan bahwa keuntungan bukan hanya hal yang tertulis dalam laporan laba dan rugi, namun menjadi bentuk nyata tanggung jawab perusahaan terhadap pemegang sahamnya.

Berdasarkan hal tersebut, penting sekali bagi trader dan investor untuk memperhatikan pembagian dividen dari saham yang akan dibeli. Jika perusahaan tidak membagikan dividen, Anda perlu mempertanyakan apakah kas perusahaan digunakan untuk kepentingan pertumbuhan usaha atau ternyata memang dipakai untuk hal yang menunjukkan kondisi perusahaan sedang kurang baik.

Pilihlah saham dari perusahaan yang memang laporan laba ruginya bagus dan punya track record pembagian dividen lancar. Untuk melakukan ini, memang membutuhkan skill agar tidak terjebak dengan pilihan saham yang salah dan nantinya bisa merugikan diri sendiri.

Sebagai solusi, Anda bisa mempelajari banyak pengetahuan dalam memilih instrumen investasi dan trading yang baik melalui website Astronacci atau bisa langsung menghubungi saya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadikanlah market sebagai sahabat Anda, tambah terus pengetahuan serta tips trading yang baik dari artikel saya.
  • Share artikel ini ke teman Anda dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya.
  • CALL atau WhatsApp dan cari LINA, silakan hubungi di SINI

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.