Note

Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru

· Views 70
Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru
Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru

IDXChannel - PT RMK Energy Tbk (RMKE) dalam proses mengimplementasikan teknologi baru pada seluruh lini operasionalnya. Ini dilakukan sebagai upaya pengendalian dampak debu batu bara. 

Perseroan melakukan penambahan sprinkler big gun dan water sprayer pada lokasi stockpile, scraper, dan conveyor belt untuk menyemprot coal dust suppressant chemical atau bahan kimia untuk mengurangi efek debu pada seluruh lini kegiatan operasional RMKE di Musi 2. 

Baca Juga:
Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru Diduga Melakukan Penambangan Ilegal, RMK Energy (RMKE) Buka Suara

Selain menyemprot coal dust suppressant chemical, penambahan water canon dan frekuensi penyiraman jalan dengan water truck juga dilakukan untuk mengurangi polusi debu.

“Kami terus berupaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, dengan membenahi dan mengendalikan dampak debu batu bara di area operasional RMKE,” kata Direktur Operasional RMKE William Saputra dalam keterangan resminya, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga:
Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru Laba RMK Energy (RMKE) Tembus Rp200 Miliar Ditopang Segmen Jasa Angkut Batu Bara 

Dia mengungkapkan dalam waktu dekat ini, RMKE juga berencana menambahkan teknologi telescopic chute yang dipasang pada area conveyor belt untuk mengurangi dampak polusi debu saat loading ke tongkang. 

Saat ini, perseroan masih menggunakan sejenis selubung untuk proteksi debu pada saat operasional loading batu bara ke tongkang berjalan. 

Baca Juga:
Kendalikan Dampak Debu Batu Bara, RMK Energy (RMKE) Pakai Teknologi Baru RMK Energy (RMKE) Capai Target Bongkaran Batu Bara 6,3 Juta MT

“Perseroan juga selalu melaksanakan pemantauan secara berkala, untuk lebih menjaga kualitas baku mutu air limbah senantiasa di bawah ambang batas,” ujar William.

Adapun, segala upaya perbaikan yang sedang dilakukan RMKE tersebut sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Sumatera Selatan, serta hasil kajian dari tenaga ahli dan konsultan perseroan.

William menyebut, perseroan saat ini sedang ber-progress untuk memastikan semua rekomendasi yang diberikan oleh KLHK dan DLH segera dapat terpenuhi. 

Selain itu, perseroan juga sedang bekerja sama dengan berbagai pihak agar permasalahan debu dapat segera diselesaikan, melalui modifikasi teknologi maupun infrastruktur yang akan segera diimplementasikan secara menyeluruh.

Meskipun masih ada sebagian alat yang sedang dalam masa pemesanan karena harus didatangkan dari luar negeri, namun beberapa perbaikan seperti optimalisasi water truck dan water sprayer sudah beroperasi, sehingga secara signifikan dapat mengurangi debu batu bara yang terbawa angin.

“Kami juga berharap seluruh entitas yang beroperasi di sepanjang sungai Musi dapat bersama-sama melakukan upaya yang sama untuk dapat mengendalikan pencemaran udara, dengan penerapan good mining practice pada operasional bisnisnya,” tutur William.

RMKE juga berkomitmen untuk lebih meningkatkan program CSR dan Community Development (Comdev) dalam bidang pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi, sosial, budaya, keagamaan dan infrastruktur. 

Dalam hal ini, perseroan terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan seluruh pihak untuk menciptakan kondisi lingkungan yang tetap baik. 

Ke depannya, RMKE akan lebih meningkatkan penerapan GCG yang lebih baik pada seluruh kegiatan operasional, untuk memastikan keberlangsungan usaha perseroan dan pemenuhan segala persyaratan di bidang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.