Note

Segera Melantai di Bursa, Lovina Beach (STRK) Patok Harga IPO Rp100 per Saham

· Views 44
Segera Melantai di Bursa, Lovina Beach (STRK) Patok Harga IPO Rp100 per Saham
Segera Melantai di Bursa, Lovina Beach (STRK) Patok Harga IPO Rp100 per Saham (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Lovina Beach Brewery Tbk telah menetapkan harga penawaran umum atau initial public offering (IPO) sebesar Rp100 per saham. 

Saat ini perseroan tengah memasuki masa penawaran umum hingga 6 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga:
Segera Melantai di Bursa, Lovina Beach (STRK) Patok Harga IPO Rp100 per Saham Segera Melantai di Bursa, Produsen Bir Lovina (STRK) Incar Dana Rp140,42 Miliar

Dalam gelaran IPO ini, perseroan menawarkan sebanyak 1,18 miliar saham atau 11,01% dari total modal ditempatkan dan disetor. Melalui IPO, perseroan mengincar dana sebesar Rp118 miliar.

Bersamaan dengan IPO ini, perseroan juga menerbitkan sebanyak 3,24 miliar Waran Seri I dengan harga pelaksanaan Rp250. 

Waran Seri I yang diterbitkan dapat dilakukan setiap hari kerja terhitung setelah enam bulan sejak diterbitkan sampai dengan satu hari kerja sebelum ulang tahun kesatu pencatatan Waran Seri I, yaitu dimulai sejak 10 April 2024 sampai dengan 9 Oktober 2024.

Perseroan akan menggunakan 62,08% dana hasil IPO dalam bentuk penyetoran modal kepada anak perusahaan yakni, PT Lovina Industri Sukses. 

Secara rinci, dana tersebut akan digunakan untuk program research and development dalam pengembangan kategori produk baru dan untuk pengembangan sumber daya manusia terkait dengan produk baru, seperti product knowledge, production process and development serta memberikan pelatihan kepada tim sales & marketing. Adapun, porsi dana yang digunakan sebesar 18,11%.

Kemudian, sekitar 42,26% akan digunakan untuk pembelian peralatan mesin canning dan tangki untuk produksi beer dan spirit antara lain, satu set unit mesin canning kapasitas 3.000 hingga 3.500 cans per jam, 10 unit tangki fermentor berkapasitas 3.000 liter, satu unit glycol tangki berkapasitas 500 liter, delapan unit brite beer tangki berkapasitas 3.000 liter, serta tiga unit brite beer tangki berkapasitas 8.000 liter.

Selanjutnya, sekitar 39,63% akan digunakan untuk biaya operasional atau modal kerja seperti pembelian bahan baku untuk produksi dan pengemasan, biaya overtime, biaya perawatan gedung, biaya perawatan peralatan dan lainnya.

Sementara sisanya akan digunakan untuk modal kerja seperti biaya program marketing untuk meningkatkan brand awareness mencakup biaya event, merchandise, sponsorship, dan social media, biaya distribusi, biaya pemeliharaan kendaraan, gaji karyawan dan lainnya.

Sementara itu, dana hasil pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan seluruhnya oleh perseroan dan PT Lovina Industri Sukses dengan rincian, sebesar 40% akan digunakan untuk modal kerja yang akan digunakan oleh perseroan.

Serta, 60% sisanya akan digunakan oleh PT Lovina Industri Sukses dalam bentuk penyetoran modal, yang akan digunakan untuk modal kerja seperti pembelian bahan baku untuk produksi dan packaging, biaya overtime, biaya perawatan gedung, biaya perawatan peralatan dan lain-lain.

Produsen craft beer ini dijadwalkan melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode STRK pada 10 Oktober 2023 mendatang. 

Dalam IPO ini, perseroan menunjuk PT Artha Sekuritas Indonesia sebagai penjamin pelaksana emisi efek, serta PT Panca Global Sekuritas, PT KGI Sekuritas Indonesia dan PT Waterfront Sekuritas Indonesia sebagai penjamin emisi efek.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.