Note

USD/JPY dapat melonjak lagi

· Views 39

USD/JPY dapat melonjak lagi

Pada awal pekan trading yang baru, pasangan dolar/yen menunjukkan ledakan kekuatan yang mengejutkan dan mendekati level 150, pencapaian ini dapat memicu intervensi Jepang. Apa yang menyebabkan situasi seperti ini, dan apa dampaknya?

Mengapa dolar AS bisa meroket?

Pada Senin pagi, pasangan dolar/yen menguji level tertinggi baru dalam 11 bulan di level 149,81 meskipun ada risiko tinggi intervensi mata uang dari Tokyo.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY dapat melonjak lagi

Shunichi Suzuki, Menteri Jepang, kembali mengancam spekulan pagi ini, dengan mengatakan bahwa pemerintah akan mengambil tindakan yang diperlukan jika terjadi depresiasi JPY lebih lanjut.

Khususnya, pelemahan mata uang Jepang saat ini dipicu oleh perbedaan serius antara kebijakan moneter Fed dan BOJ. Regulator pertama adalah pendukung kebijakan hawkish, sedangkan regulator kedua lebih memilih kebijakan dovish.

Meskipun bank sentral AS menghentikan kenaikan suku bunga pada bulan September, pasar kini berspekulasi mengenai kelanjutan pengetatan di AS pada tahun ini.

Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter berikutnya pada awal November. Pada saat itu, regulator harus memiliki beberapa data ekonomi penting untuk membantu dalam mengambil keputusan mengenai suku bunga.

Pekan lalu, terdapat kekhawatiran di kalangan investor bahwa data ini mungkin tidak menjadi masalah karena ancaman penutupan (shutdown)—penangguhan lembaga-lembaga pemerintah—membayangi AS.

Untuk menghindari hal ini, Sabtu lalu, Kongres AS mengesahkan rancangan undang-undang untuk mendanai pemerintah secara sementara. Berita ini membuat pembeli USD dapat bernapas lega dan menginspirasi mereka untuk membuka posisi long baru USD.

Analis Chris Weston menyatakan bahwa para trader memiliki keyakinan kuat bahwa Departemen Tenaga Kerja AS akan merilis data utama upah non-pertanian akhir pekan ini dan laporan Indeks Harga Konsumen pada tanggal 12 Oktober. Hal ini mungkin terjadi jika penutupan pemerintah AS berlalu.

Nonfarm Payrolls bulan September akan menjadi pemicu utama bagi mata uang utama dolar pekan ini. Para ekonom kini memperkirakan rilis tersebut akan menunjukkan penurunan lapangan kerja baru dari 187.000 menjadi 150.000 dan menandakan penurunan pengangguran (dari 3,8% menjadi 3,7%) dan peningkatan pendapatan rata-rata per jam (dari 0,2% menjadi 0,3%).

Jika data riil menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja AS tetap tangguh meskipun kebijakan agresif Fed telah lama diterapkan, hal ini dapat mendukung permintaan greenback secara keseluruhan.

Para analis meyakini bahwa laporan pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan akan memperkuat sentimen hawkish para trader terhadap kebijakan moneter Fed di masa depan, yang akan menjadi pendorong lain untuk USD/JPY.

Ada kemungkinan bahwa, di tengah gelombang optimisme mengenai putaran kenaikan suku bunga berikutnya di AS, nilai tukar mungkin melonjak pada akhir minggu di atas angka 150, yang oleh banyak investor dianggap sebagai potensi level intervensi.

Olivier d'Assier, ahli strategi mata uang, menyampaikan pendapatnya, mengatakan bahwa ketakutan akan intervensi Jepang muncul di pasar ketika USD/JPY melewati ambang batas 146. Mata uang utama ini sekarang diperdagangkan di atas 149, dan BOJ belum mengambil tindakan apa pun selain peringatan lisan. Hal ini memaksa trader untuk membeli mata uang utama.

Mengapa yen ditakdirkan untuk jatuh?

Berkat perbedaan moneter yang sedang berlangsung antara AS dan Jepang, mata uang Amerika menguat 3,5% terhadap mata uang Jepang pada kuartal ketiga setelah naik 8,7% pada kuartal kedua.

Saat ini, sebagian besar analis memperkirakan penguatan lebih lanjut pada pasangan dolar/yen. Ada pendapat bahwa pada paruh pertama kuartal keempat, aset dapat menguat ke level 155 jika pemerintah Jepang tidak memutuskan untuk melakukan intervensi mata uang, dan latar belakang fundamental akan terus mendukung kenaikan dolar AS.

Gambaran fundamental saat ini jelas tidak mendukung yen. Pada pertemuan terakhirnya, bank sentral Jepang mempertahankan kebijakan yang sangat lemah, ditandai dengan suku bunga negatif, dan berjanji akan terus menerapkannya di masa mendatang.

Akhir pekan lalu, Gubernur BOJ Kazuo Ueda mengulangi pernyataan dovishnya. Pejabat itu menyatakan BOJ masih harus menempuh jalan panjang sebelum meninggalkan kebijakan moneter yang sangat lemah.

Pada awal sesi Senin, tekanan tambahan terhadap yen datang dari publikasi ringkasan pertemuan BOJ bulan September. Dokumen tersebut menyatakan bahwa pada tahap ini, mayoritas pejabat Jepang menentang perubahan tambahan pada mekanisme YCC dan mendukung pernyataan dovish.

"Mereka khawatir terhadap pengetatan yang terlalu dini dan menekan kenaikan inflasi dan pertumbuhan," jelas Jarrod Kerr, kepala ekonom di Kiwibank. "Namun, mereka patut berhati-hati."

Sementara itu, data yang dirilis Jumat lalu menunjukkan inflasi inti di ibu kota Jepang melambat pada bulan September selama tiga bulan berturut-turut.

Karena CPI Tokyo dirilis lebih awal dibandingkan CPI nasional, CPI ini selalu menjadi tolok ukur untuk penilaian awal inflasi di negara tersebut. Perlambatan pada indikator ini mungkin mengindikasikan tren penurunan inflasi di Jepang, yang merupakan argumen kuat bagi BOJ untuk mengikuti jalur dovish.

Analisis Teknikal

Pasangan ini tetap berada di atas EMA 50 hari dan 200 hari, yang menunjukkan momentum bullish yang stabil. Jika aset berhasil menghindari jatuh ke level support 148,40 dalam jangka pendek, kemungkinan besar pembeli akan segera dapat menguji level resistance 150,29.

Di sisi lain, penurunan di bawah 149 akan mendukung pergerakan pasangan ini ke level support 148,405.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.