Note

EUR/USD. 2 Oktober. Bulls Mundur Pada Hari Jumat Secara Tak Terduga

· Views 85

Pada hari Jumat, pasangan EUR/USD berhasil ditutup di atas level korektif 161,8% (1,0561) dan naik menuju level 1,0637. Namun, pada paruh kedua hari itu, terjadi pembalikan yang menguntungkan dolar AS, dan pasangan ini kembali ke level 1,0561. Pemantulan dari level ini pada hari Senin memungkinkan para pedagang untuk mengantisipasi pembalikan yang mendukung euro dan pertumbuhan baru menuju level 1,0637. Penembusan berkelanjutan di bawah level 1,0561 akan memungkinkan kita mengharapkan kelanjutan penurunan menuju level 1,0489.

EUR/USD. 2 Oktober. Bulls Mundur Pada Hari Jumat Secara Tak Terduga

Meskipun terbentuknya gelombang naik yang kuat pada hari Kamis dan Jumat, hal ini tidak mengubah gambaran keseluruhan karena gelombang turun sebelumnya bahkan lebih besar. Namun, wave penurunan terbaru (yang terbentuk pada hari Jumat) masih memberikan beberapa alasan untuk mengharapkan berakhirnya tren penurunan. Jika wave ini berakhir di sekitar 1,0561, titik terendah dari wave ke bawah sebelumnya tidak akan tertembus. Jika gelombang naik berikutnya menembus puncak hari Jumat, ini akan menjadi tanda kedua transisi ke tren naik.

Latar belakang berita hari Jumat bukanlah yang terkuat, tapi cukup kaya karena ada banyaknya pemberitaan. Pada paruh pertama hari ini, sebuah laporan penting mengenai inflasi di Uni Eropa dirilis, menunjukkan perlambatan menjadi 4,3% y/y. Tak seorang pun di antara para pedagang mengharapkan angka seperti itu. Trader yang bullish senang dengan data positif perekonomian Eropa, yang membantu euro naik sedikit lagi. Namun, pada paruh kedua hari ini, dolar mulai menguat, meskipun laporan ekonomi dari Amerika Serikat cukup lemah dalam segala hal. Pendapatan dan pengeluaran pribadi meningkat sebesar 0,4% bulan/bulan, seperti yang diharapkan. Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti naik 0,1% dibandingkan ekspektasi 0,2%. Indeks Sentimen Konsumen turun menjadi 68,1 dari 69,5. Statistik ekonomi AS seharusnya memberikan tekanan lebih besar terhadap dolar dibandingkan memberikan dukungan.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. 2 Oktober. Bulls Mundur Pada Hari Jumat Secara Tak Terduga

Pada grafik 4 jam, pasangan ini berbalik arah dan mendukung euro setelah membentuk divergensi bullish pada indikator CCI. Proses pertumbuhan mungkin berlanjut menuju level korektif 100,0% (1,0639). Pemantulan dari level ini atau batas atas koridor menurun akan mempertahankan tren bearish dan memungkinkan kita mengantisipasi berlanjutnya penurunan menuju level korektif 127,2% (1,0466). Penutupan di atas level 1.0639 dengan tingkat probabilitas yang tinggi akan mengindikasikan berakhirnya tren bearish.

Laporan Komitmen Pedagang (COT):

EUR/USD. 2 Oktober. Bulls Mundur Pada Hari Jumat Secara Tak Terduga

Pada pekan pelaporan terakhir, spekulan membuka 4,092 kontrak panjang dan 7,674 kontrak pendek. Sentimen para trader besar tetap bullish namun melemah secara signifikan dalam beberapa minggu dan bulan terakhir. Jumlah total kontrak panjang yang terkonsentrasi di tangan spekulan kini berjumlah 211,000, sedangkan kontrak pendek berjumlah 113,000. Kesenjangannya kini hanya dua kali lipat, padahal beberapa bulan lalu sudah tiga kali lipat. Saya percaya bahwa situasinya akan terus berubah dan menguntungkan penjual seiring berjalannya waktu. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka membutuhkan aliran berita yang kuat untuk mempertahankan tren bullish. Latar belakang seperti itu saat ini masih kurang. Tingginya nilai kontrak open long menunjukkan bahwa trader profesional mungkin akan terus menutupnya dalam waktu dekat. Saya percaya bahwa angka-angka saat ini memungkinkan penurunan lebih lanjut pada euro dalam beberapa bulan mendatang.

Kalender Ekonomi Amerika Serikat dan Uni Eropa:

Uni Eropa - Indeks Manajer Pembelian (PMI) Jerman untuk sektor manufaktur (07:55 UTC).

Uni Eropa - Indeks Manajer Pembelian (PMI) untuk sektor manufaktur (08:00 UTC).

Amerika Serikat - Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Institute for Supply Management (ISM) (14:00 UTC).

Amerika Serikat - Pidato Ketua Federal Reserve Mr. Powell (15:00 UTC).

Pada tanggal 2 Oktober, kalender ekonomi mencakup beberapa peristiwa menarik, dengan pidato Jerome Powell dan indeks ISM yang menonjol. Dampak dari latar belakang berita terhadap sentimen pedagang hari ini mungkin memiliki kekuatan yang moderat.

Perkiraan untuk EUR/USD dan rekomendasi trader:

Penjualan pasangan ini mungkin terjadi hari ini jika berkonsolidasi di bawah level 1,0561 pada grafik per jam, dengan target di 1,0489. Mengenai pembelian hari ini, kita sudah agak terlambat, namun pemantulan dari level 1,0561 memungkinkan pembukaan posisi buy kecil dengan target di 1,0615 dan 1,0637.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.