Note

Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?

· Views 68
Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?
Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?

IDXChannel - Hanya 22 negara di dunia yang terlibat dalam produksi berlian kasar di wilayah mereka. Berlian kasar adalah berlian yang belum dipotong, mentah, dan alami.

Berdasarkan data dari organisasi sertifikasi berlian internasional, Kimberly Process serta perkiraan dari spesialis logam mulia dan berlian di Afrika Selatan, Dr Ashok Damarupurshad, Afrika mendominasi wilayah penghasil berlian kasar dengan menyumbang lebih dari setengah total produksi dunia pada 2022.

Baca Juga:
Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja? 5 Berlian Termahal di Dunia, Ada yang Tak Ternilai

Produksi Berlian Kasar berdasarkan Berat

Mengutip Visual Capitalist, Rusia menempati posisi teratas sebagai negara produsen berlian kasar terbesar di dunia, menambang hampir 42 juta karat pada 2022, jauh di depan negara-negara lainnya.

Di posisi kedua, Botswana dengan menambang berlian sebanyak 24,8 juta karat dan peringkat ketiga Kanada dengan 16,2 juta karat. Ini menunjukkan bahwa produksi berlian di negara tersebut menghindari sanksi karena kesulitan dalam melacak asal usul berlian.

Baca Juga:
Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja? 8 Keunggulan dan Prospek Investasi Berlian, Lebih Oke dari Emas?

Berikut 10 negara penghasil berlian kasar di dunia berdasarkan beratnya (Lihat tabel dibawah ini).

Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?
 
Seperti kebanyakan sumber daya lainnya seperti minyak, emas, dan uranium, produksi berlian kasar didistribusikan secara tidak merata. Sepuluh negara penghasil berlian kasar teratas berdasarkan beratnya menyumbang 99,2 persen dari seluruh berlian kasar yang ditambang pada tahun lalu.

Baca Juga:
Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja? Lebih Baik Mana, Investasi Berlian atau Emas? Simak Penjelasannya

Produksi Berlian berdasarkan Negara

Jumlah berat (karat) yang lebih tinggi tidak selalu memiliki nilai berlian yang lebih baik. Faktor lain seperti potongan, warna, dan kejernihan juga mempengaruhi nilai berlian.

Berikut 10 negara penghasil berlian berdasarkan nilai (USD) pada 2022:

Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?
 
Meskipun Botswana hanya memproduksi 59 persen berat berlian Rusia pada 2022, Botswana memiliki nilai perdagangan hampir USD5 miliar atau senilai Rp77 triliun (kurs Rp15.400 per dolar), sekitar 1,5 kali lebih tinggi dibandingkan Rusia pada tahun yang sama.

Contoh lainnya, Angola yang menduduki peringkat ke-6 dalam produksi berlian, namun peringkat ke-3 dalam nilai berlian.

Kedua negara tersebut (serta Afrika Selatan, Kanada, dan Namibia) menghasilkan berlian kasar berkualitas permata dibandingkan negara-negara seperti Rusia dan Kongo yang berliannya diproduksi untuk keperluan industri.

Lalu, wilayah manakah yang menghasilkan berlian terbanyak pada 2022?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Afrika adalah wilayah penghasil berlian kasar terbesar, menyumbang 51 persen produksi berdasarkan berat, dan 66 persen berdasarkan nilai.
 
Pada awal abad ke-20, produksi berlian dalam skala besar meningkat pesat. Pertama, di Afrika Selatan, dan beberapa dekade kemudian di negara-negara Afrika lainnya. Faktanya antara 1889–1959, Afrika memproduksi 98 persen berlian dunia.

Deretan Negara Produsen Berlian Terbesar di Dunia, Siapa Saja?

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.