Note

Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu?

· Views 62
Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu?
Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Ada cara ikut jual beli bursa karbon yang bisa dilakukan oleh pengusaha melalui entitas perusahaan.

Bursa karbon adalah pasar di mana izin emisi gas rumah kaca dapat dibeli, dijual, atau diperdagangkan. Ini adalah bagian dari upaya global untuk mengurangi emisi gas rumah kaca yang berkontribusi pada perubahan iklim. 

Baca Juga:
Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu? Bursa Karbon Masih Sepi Peminat, BEI: Transaksinya Tidak Secair Saham

Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon

Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu?

Indonesia baru saja membuka perdagangan karbon melalui IDXCarbon yang berada di bawah naungan Bursa Efek Indonesia sebagai operator. Nah, lalu bagaimana cara ikut jual beli bursa karbon di Indonesia?

Baca Juga:
Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu? Jual Beli Bursa Karbon RI Bisa Pakai Blockchain? Luhut Beberkan Alasannya

Sebagai langkah awal, perusahaan yang ikut terjun dalam aktivitas perdagangan karbon adalah berasal dari dalam negeri atau yang memiliki kantor dan aktivitas di Indonesia. Hal ini berlaku juga bagi instansi yang ingin menyuplai kredit karbon dengan wajib terdaftar dalam Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Nantinya, para pembeli karbon diperbolehkan untuk menjual kembali dengan menyesuaikan harga pasar. 

Baca Juga:
Cara Ikut Jual Beli Bursa Karbon, Sudah Tahu? Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar?

Untuk mendaftarkan diri sebagai pengguna IDXCarbon, maka instansi perlu melakukan pendaftaran melalui situs resmi idxcarbon.co.id. Berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

  • Calon pendaftar yang ingin mendaftar sebagai Pengguna Layanan Penukaran Karbon (IDXCarbon) dapat menghubungi PT Bursa Efek Indonesia melalui alamat email [email protected] untuk memperoleh penjelasan tentang prosedur pendaftaran IDXCarbon.
  • Para pelamar diharuskan untuk mengirimkan formulir aplikasi dan dokumen yang diperlukan. Entitas yang memenuhi syarat untuk menjadi Pengguna Layanan Penukaran Karbon (IDXCarbon) termasuk, tetapi tidak terbatas pada, badan hukum yang beroperasi di Indonesia.

Selain itu, ada beberapa dokumen pendukung yang perlu disiapkan, antara lain:

  • Surat Penunjukkan Penanggung Jawab yang diberikan oleh Direksi Perseroan.
  • Surat keterangan pegawai Pengguna Jasa Bursa Karbon.
  • Foto berwarna.
  • Salinan kartu identitas yang masih berlaku.
  • Salinan NPWP (jika tersedia).
  • Salinan Sertifikat Pelatihan di Bidang Bursa Karbon.

Kemudian, IDXCarbon akan melaksanakan prosedur pembukaan Rekening Ekuitas. Terhadap permohonan yang disertai informasi dan dokumen yang lengkap, IDXCarbon akan mengevaluasi dokumen yang diajukan oleh calon Pengguna Jasa Carbon Exchange dalam waktu paling lambat lima (5) Hari Kerja (PBK).

Setelah selesai peninjauan, IDXCarbon juga akan mengeluarkan surat persetujuan dalam waktu maksimal lima (5) Hari PBK setelah penyelesaian seluruh proses evaluasi. Namun, jika pendaftaran tidak memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, maka permohonan tersebut akan ditolak oleh IDXCarbon. 

Perlu diingat bahwa selama proses pendaftaran sebagai Pengguna Jasa Bursa Karbon, ada sejumlah biaya yang harus dibayar sesuai dengan ketentuan yang dijelaskan dalam Surat Edaran Biaya Pengguna Jasa Bursa Karbon.

Itulah beberapa informasi seputar cara ikut jual beli bursa karbon Indonesia yang penting untuk diketahui. 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.