Note

Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar?

· Views 53
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar?
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar? (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT PLN (Persero) segera melantai di bursa karbon Indonesia atau IDXCarbon. Dengan potensi yang dimiliki, PLN akan menjadi trader terbesar dengan membuka hampir 1 juta ton CO2. 

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN Group siap menjadi garda terdepan dalam upaya penurunan emisi melalui peran aktif dalam bursa perdagangan karbon di Indonesia. Upaya tersebut merupakan wujud komitmen perseroan dalam melakukan transisi energi di tanah air. 

Baca Juga:
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar? BUMN Masuk Bursa Karbon, Erick Thohir Ingatkan Hal Ini

"Kami terus mendukung Pemerintah untuk mengembangkan ekosistem perdagangan karbon. Beberapa pilot project telah kami lakukan sehingga hari ini, sistem perdagangan karbon bisa dilakukan," ucap Darmawan, Jumat (29/9/2023). 

Bukti keseriusan PLN dalam memimpin perdagangan karbon di Indonesia adalah dengan mendapatkan Sertifikat Penurunan Emisi (SPE) pertama di Indonesia melalui mekanisme non konversi dengan mekanisme internasional. 

Baca Juga:
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar? Closing Perdana Bursa Karbon Catat 27 Kali Transaksi

"Kita akan segera melantai di bursa karbon dengan penurunan emisi terbesar," ungkap dia.

Tidak hanya terdaftar di bursa, PLN juga melakukan perdagangan karbon secara langsung dengan melingkupi tiga dari empat aspek perdagangan karbon, yaitu perdagangan emisi secara langsung, offset emisi secara langsung, dan perdagangan offset melalui bursa. 

Baca Juga:
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar? Apa Saja 4 Poin Penting IDXCarbon atau Bursa Karbon Indonesia?

Terlebih lagi, PLN sudah memiliki platform PLN Climate Click di mana aktivitas perdagangan karbon, baik perdagangan emisi dan offset emisi, sudah mulai dilakukan sejak 8 September 2023 lalu.

"Saat PLN masuk bursa beberapa waktu ke depan, kami akan langsung menjadi pemilik SPE dengan penurunan emisi terbesar. Kami juga akan meluncurkan aplikasi PLN Climate Click yang sudah siap digunakan untuk carbon trading yang belum dimiliki perusahaan lain," tambahnya.

Baca Juga:
Bakal Melantai di Bursa Karbon, PLN Jadi Carbon Trader Terbesar? APBI: Bursa Karbon Bagian dari Penerapan Energi Hijau

Darmawan mengungkapkan unit pembangkit berbahan bakar gas pertama di Indonesia, pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Blok 3 Muara Karang akan memimpin langkah pembangkit PLN masuk ke bursa karbon. PLTGU ini telah memiliki SPE gas rumah kaca (GRK) dari Kementerian LHK dan tercatat berhasil menurunkan karbon dioksida setara hampir 1 juta ton di tahun 2022.

PLTGU Blok 3 Muara Karang telah menggunakan 100 persen bahan bakar gas yang telah diregasifikasi dari LNG pada Floating Storage and Regasification Unit (FSRU) dengan menggunakan suplai LNG. PLTGU ini juga dilengkapi dengan teknologi gas turbin terbaru dan paling efisien yang menggunakan metode Combine Cycle.

"PLN saat ini tidak hanya menyediakan listrik tetapi menghadirkan energi yang rendah emisi, itu dari mana? Ya tentu bersumber dari pembangkit energi baru terbarukan. Kami membangun skenario transisi energi yang ambisius melalui Accelerated Renewable Energy Development secara agresif dengan menambahkan porsi pengembangan energi terbarukan hingga 75 persen di tahun 2040 dengan  25 persen diantaranya dari gas alam," pungkas Darmawan.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.