Note

Ekalya Purnamasari (ELPI) akan Kembangkan Multicat Hybrid Power Vessel

· Views 51
Ekalya Purnamasari (ELPI) akan Kembangkan Multicat Hybrid Power Vessel
PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI).

IDXChannel - Peresmian bursa karbon di Indonesia pada 26 September 2023 lalu turut memantik sejumlah perusahaan untuk berinovasi. Salah satunya perusahaan perkapalan PT Pelayaran Nasional Ekalya Purnamasari Tbk (ELPI).

ELPI merespons positif perkembangan dunia internasional, di mana pada tahun 2025 dicanangkan sudah net zero carbon. Dalam hal ini, perseroan telah melakukan sejumlah langkah untuk dapat mencapai target tersebut.

Baca Juga:
Ekalya Purnamasari (ELPI) akan Kembangkan Multicat Hybrid Power Vessel Ekalya Purnamasari (ELPI) Datangkan Satu Kapal Baru, Dukung Kinerja Angkutan Batu Bara

Untuk mencapai dan mensupport target tersebut, ELPI melakukan inovasi untuk mengurangi karbon itu dengan langkah hybrid.

"Perseroan dengan Inovasi Multicat memangkas lima kapal menjadi hanya satu kapal, hal itu dapat mengurangi dan menekan efek karbon,” kata Direktur Utama ELPI, Eka Taniputera dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (28/9/2023).

Baca Juga:
Ekalya Purnamasari (ELPI) akan Kembangkan Multicat Hybrid Power Vessel Sikapi Fluktuasi Harga Batu Bara, Begini Strategi Ekalya Purnamasari (ELPI)

Ide mengoptimalkan beberapa fungsi kapal menjadi satu jenis kapal dengan multifungsi yakni dengan menggabungkan yang sebelumnya fungsi kapal Fire Boat, Watchdog, Utility Vessel dan AHTS menjadi satu kapal saja bernama Multicat Power Vessel.

Sebelumnya, perseroan juga melalui afiliasi telah menugaskan Orela Shipyard (core bisnis galangan/docking) untuk melakukan inisiatif dan inovatif yang memberikan pelayanan lebih kepada klien dan telah dilakukan uji coba (hall foil) pada kapal KCT 4001.
 
“Dari inovasi tersebut mampu memberikan peningkatan kecepatan hingga 3-5%, namun terdapat penghematan fuel consumption," ujar Eka.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan ELPI, Wawan Heri Purnomo menambahkan, Multicat ini merupakan  penggabungan dari beberapa fungsi kapal seperti AHT, AHTS, Watchdog, Fire  Fighting dapat disempurnakan hanya menggunakan satu kapal dan dapat  memenuhi segala fungsinya.

Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang drilling & offshore support service, kata Wawan, saat ini ELPI telah mempunyai dan mengoperasikan lebih dari 100 kapal atau armada untuk klien-klien baik dari Indonesia maupun luar negeri.

“Setelah kami sukses (wing dan node) dan  pertimbangan dampak penggunaan fuel kapal yang sangat besar pada lingkungan, maka kami mengembangkan Multicat yang berbasis hybrid. Multicat hybrid tersebut untuk mendapatkan power bagi vessel kami telah berhasil melakukan rekayasa power tidak mengandalkan dari fuel consumption,” kata Wawan.

Namun, dapat memanfaatkan tenaga mesin utama untuk disimpan di dalam baterai yang kemudian digunakan ketika kapal pada kecepatan rendah (slow speed) dan  maneuvering, sehingga dapat menghemat kebutuhan bahan bakar hingga 45% by  design. 

“Bagi klien atau penyewa akan memberikan keuntungan secara biaya, efisiensi bahan bakar dan efektivitas utilisasi dari kapal untuk beberapa pekerjaan dalam satu waktu,” kata Wawan.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.